Studentbook

Lovely kids,

You can use this page for putting your writings as comments. I will be very happy to give you responses. A great work is always started from a small single step. Don’t be shy to start. Keep the adagium : verba volant scripta manent as our motto to progress in writing. Thank you for allowing me to accompany you in this creative process.

Regards – VG

63 thoughts on “Studentbook”

  1. Yena Novalia said:

    Tak Kutemukan Dia Lagi
    Kemarin hingga ke ujung jalan aku mengikutinya. Dia berhenti disana, diam terpaku beberapa saat seperti ada yang dicarinya. Begitu terus setiap hari aku mengikutinya, sampai diri ini tidak dapat lagi menahan rasa ingin bertanya, sepatah atau dua kata. Perlahan kudekati Dia. Dengan jantung derdebar, kuberanikan diri untuk bertanya…
    “Siang Bu, maaf kalau Saya menggangu. Ibu sedang apa disini?” ucapku
    “…………..????????” (Diam,sunyi, tak ada jawaban)
    Pikiranku melayang “ Ah mungkin suaraku terlalu pelan, hingga tak terdengar olehnya”
    “Maaf Bu kalau Saya boleh tahu sedang apa ya disini?” ujarku mengulang pertanyaanku tadi dengan suara yang sedikit ku perbesar.
    Tapi setelah kuulangi pertanyaanku hingga dua kali, Dia masih saja tak bergeming. Aku tidak putus asa untuk mencobanya lagi,sampai mungkin sudah 100 kali Aku bertanya, dan Dia hanya menjawab..!!!!!!!!!!!
    Mungkin ini belum terpikirkan oleh Anda. Dan saran dari Saya sebaiknya Anda jangan memikirkannya. Karena jawabannya………
    Huft.. Dia tidak melontarkan sepatah kata pun…….
    Tapi Aku pikir sudah terlanjur, Aku sudah lama ingin bertanya dengan dirinya, kenapa tidak Aku lanjjutkan. Kuulangi pertanyaanku dan Aku sudah lupa ini yang keberapa kalinya Aku bertanya…
    “ Maaf Bu sedang apa Ibu sendirian?”
    “ Disini rumahku, ditanah ini……..!!!!” ujarnya dengan suara yang lantang.
    Seperti disambar petir Aku mendengar jawabannya. Entah Aku harus senang karena akhirnya ia menjawab pertanyaanku atau pergi kerumah sakit, dan menyuruh Dokter memeriksa kondisi jantungku..
    “ Rumah Ibu, ditanah ini, bagaimana mungkin..??”
    “ Orang-orang busuk, Biadap……….!!!!!!!!”
    “ Siapa???” tanyaku penasaran
    “ Mereka ambil semuanya…!!!!!!!!”
    “ Saya tidak mengerti dengan yang Ibu maksud…?????”
    “ (menangis..)”
    “ Kenapa Ibu menangis…??” tanyaku keheranan
    “ Seluruh jiwaku lepas,,, melayang,,…”
    “ Saya sungguh tidak mengerti dengan apa yang Ibu maksud…??”
    Dia menarik kerah bajuku, sambil berkata:” Kamu siapa.??? Kamu tidak tahu akan apa yang aku rasakan.. Orang-orang itu.. mereka telah merampas semuanya..”
    Anda semua tahu, Aku benar-benar binggung. Aku tidak tahu benar atau salah keputusan Aku untuk bertanya kepadanya. Sepertinya Aku dijadikan tempat pelampiasan untuk semua kekesalannya. Dan yang Aku tidak tahu Dia kesal dengan siapa.. Sepanjang hari dia hanya mengoceh dan Dia selalu saja mengulang kata-kata yang sama..
    “ Orang-orang busuk, Biadap……….!!!!!!!!”
    Mungkin jika Anda berada diposisi Aku, Anda akan segera lari kerumah sakit jiwa saat ini juga. Ya niat itu sempat terbesit dibenakku, tapi segera Aku urungkan ketika tiba-tiba saja Ia berkata satu kata yang baru saja Aku dengar selama pembicaraan kami…
    “ Kalau Kamu nanti sudah dewasa semmoga Kamu tidak mengalami nasib yang sama seperti apa yang Ibu alami, Ibu berharap Kamu selalu bahagia dan semoga Tuhan selalu bersamamu”. Ucapnya padaku.
    Itu pesan atau do’a, Aku tidak tahu yang Aku tahu Dia mengatakan itu dengan suara merdunya, selembut sentuhan seorang ibu. Setelah mengatakan kata-kata yang menurutku terlalu panjang itu, dia pergi berlalu begitu saja meninggalkan diriku yang masih terpaku, tidak mengerti dengan kalimat terakhirnya itu….
    Hari itulah hari terakhir aku melihatnya setelah kalimat terakhir itu dirinya tidak pernah terlihat lagi diujung gang maupun sekitar tempat itu..
    Belakangan baru ku ketahui dari penduduk setempat yang menceritakan kepadaku bahwa wanita itu dulu tinggal didaerah tersebut, didinding sebelah gang tersebut ternyata terdapat rumahnya yang kini dijadikan sebuah apartemen mewah. Dan karena proses penggusuran itulah, putri tunggalnya meninggal tertimpa reruntuhan ketika hendak mempertahankan rumah mereka. Sungguh sebuh cerita yng tragis. Tapi inilah hidup, tengantung bagaimana kita menjalaninya dan memetik makna yang tersirat. Semoga kita semua selalu berbahagia…..
    Oleh : Yena Novalia

    Like this

    • Ini karangan fiksi atau feature Yena ? Baik fiksi atau feature alur narasinya harus jelas. Kalau fiksi harus ada alur, plot, dsb-nya. tetapi tokoh-tokohnya ya harus jelas. Untuk feature, kamu harus sebut 5 W + 1 H-nya meskipun seperti pada teori feature unsur-unsur ini harus tersebar dari lead sampai seluruh body. 5 W + 1 H harus nyata sehingga orang tahu bahwa ini bukan rekaan. nah jika ini feature, juga lihat kutipan langsungnya apakah tidak over-quote ? Mana deskripsi, lead yang kuat, dsb-nya, ingat enam kekuatan feature yang sudah kita bahas. kamu sudah mencoba menulis ending. Ini namanya ending simpulan. Ayo menulis terus.

      Like this

  2. Yena Novalia said:

    Pencarian Arti Hidup
    Perjalanan hidup masih panjang. Baru seumur jagung aku pijakan kaki ini didunia yang fana ini. Ku hiasi hidup dengan kebahagiaan. Hari ini tepat tanggal 19-Maret-2010, aku masih sendiri berdiam diri dikamar sempit tempatku melepas lelah setelah aktifitas yang cukup melelahkan. Saat ini aku masih tercatat sebagai mahasiswi disalah satu perguruan tinggi swasta di Bandar Lampung. Aktifitas ku sehari-hari masih sama halnya dengan mahasiswa biasanya. Belajar, belajar dan belajar. Sekilas aku memang tampak sama dengan yang lainnya. Berangkat kekampus dan mengikuti perkuliahan atau sibuk dengan segudang tugas yang diberikan oleh para pengajar.
    Tapi pada kenyataannya tidak sama dan takkan pernah sama. Karena setiap orang tenntu memiliki problemnya masing-masing. Jangankan mahasiswa, pegawai, keluarga bahkan orang awam sekalipun pasti memiliki masalah yang beragam dalam hidup mereka. Begitu juga dengan diri ini yang saat ini sedang dirundung masalah yang tak kunjung berakhir. Konflik yang mungkin sudah pada puncaknya yang entah kapan akan reda atau takkan pernah reda.
    Aku hanya seonggok tubuh yang belum memberi manfaat untuk orang lain. Jangankan orang lain, untuk diri ini sendiri saja belum. Aku hanya sebulir pasir yang tengah mencari makna dari sebuah arti kehidupan. Sebulan yang lalu usiaku tepat 18 tahun. Usia dimana kebanyakan orang meraih kebahagiaannya diusia yang kebanyakan orang menyebutnya “puber”. Maksudku akhir dari semuah masa puber untuk kemasa pendewasaan. Tapi tidak pada diriku ini, segudang masalah timbul menjadi bayangan hidupku. Aku terduduk disalah satu sudut kamar tercintaku ini. Kubayangkan tentang masa-masa indahku dulu. Masa yang antah akan kualami lagi atau hanya akan menjadi memori terindah dihidupku yang entah dapat aku ceritakan pada anak cucuku atau hanya tersimpan disalah satu sisi terdalam dihatiku. Aku rindu jika terbayang semua itu. Tapi keni semuanya tinggalah kenangan.
    Aku tak tahu jalan apa yang harus kutempuh. Aku binggung memikirkan semua. Terkadang aku marah pada-Nya, kenapa harus aku yang mengalami semua ini. Kanapa Kau berikan aku cobaan yang seberat ini. Jujur aku tak sanggup memikul beban ini. Namun sesaat itu juga aku tersadar, aku yakin tak mungkin Tuhan memberikan aku cobaan jika aku tak sanggup untuk melewati ini semua.
    Masalah ini verawal dari mana ,aku pun tak tahu. Tapi yang jelas masalah ini menyebabkan aku harus kehilangan sahabat- sahabat terkasihku. Entahlah aku yang kehilangan atau memang aku yang menghilangkannya. Aku sadar aku telah membuat mereka semua kecewa. Tapi aku juga tidak bisa berbuat apa-apa. Jujur saja aku takkan sanggup jika harus kehilangan mereka. Diri ini sadar jika aku terlalu egois sebagai seorang manusia. Hanya ingin dimengerti tanpa mau untuk mengerti orang lain.
    Mungkin benar aku telah menghianati mereka dengan tindakan yang telah aku ambil. Tapi bukankah sebulum aku memutuskan hal yang menurut mereka sebuah penghianatan, aku telah terlebih dahulu mengatakan pada mereka. Dan merekapun menyetujuinya. Bahkan mereka mendukung keputusanku. Oh tidak mereka tidak mendukung , tapi mereka menyarankan. Tapi kenapa ketika keputusan itu aku ambil, mereka malah mencerca dan menghinaku. Bahkan itu ditempat yang tidak semestinya. Kenapa mereka tidak mengatakannya langsung padaku, jika memang mereka tidak menyukainya. Kenapa mereka harus melakukan itu di dunia maya, dunia dimana semua orang dapat melihatnya. Sampai semua sahabatku yang lainnya mengetahui semua.
    Aku yakin mereka semua turut membenciku atas apa yang telah aku perbuat. Bahkan ada diantara mereka yang iku campur dalam masalahku padahal ia tidak tahu duduk persoalannya. Mereka berkata aku tidak tahu makna dari sebuah persahabatan. Tapi bagaimana dengan mereka, aku rasa mereka tidak tahu juga apa makna sesungguhnya dari persahabatan itu. Karena sahabat tidak akan membuka rahasia sahabatnya walaupun dalam kondisi marah. Dan sahabat tidak akan membela sahabatnya haya disalah satu pihak saja.
    Sekarang aku tidak tahu harus bagaimana. Haruskah aku pertahankan orang-orang yang sebenarnya tekah melukaiku dengan dalam. Haruskah aku melupakan semuanya, dan berpura-pura tersenyum padahal hatiku menangis. Bukankah semua telahku katakan, jika tak suka katakanlah. Tapi tidak pada mereka, mereka berkata manis dihadapanku tapi pada kenyataannya mereka menghujamku.
    Sahabat adalah sumber kekuatanku, tapi kenapa harus sahabatlah yang menjadi sumber kehancuranku. Aku berusaha untuk memcari makna hidup. Diusiaku yang masih muda ini telah banyak yang kulalui. Terlalu suit kuarungi hidup ini. Aku sudah berusaha untuk tidak memikirkannya. Tapi kenapa aku tetap tidak bisa. Kalian tahu, tadinya aku berfikir untuk melepaskan egoku dan lebih memilih sahabat-sahabatku. Tapi jika aku ingat cara mereka mempermalukanku, aku langsung mengurungkan semua niatku itu. Benarkah semua keputusan yang aku ambil ini. Entahlah……..
    Ya …… manusia masih dengan sikap tamaknya. Aku ingin dapat satu dan harus menggorbankan yang lainnya. Tapi aku tidak bisa dan tidak pernah mau melakukannya. Sifat keras kepalaku hingga kini masih tetap ada. Ini buah dari didikan orang tua ku kepada ku. Tapi berkat didikan ini lah aku ddapat bertahan didunia yang telah rapus dimakan usia ini.
    Disetiap sujudku aku selalu memohon kepada-Nya, semoga selalu ada jalan untuk setiap masalahku. Sekarang aku hanya memginginkan sahabatku yang dulu, yang bisa menerimaku apa adanya. Tanpa melihat kesalahan yag telah aku perbuat. Dan aku berharap mereka pada akhirnya nanti bisa menerima semua keputusanku, dan menjadi sahabatku yang terbaik. Aku ingin belajar tentang arti dari sebuah persahabatan yang sesungguhnya bersama mereka.
    Aku ingin memahami arti hidup bersama mareka. Melewati hari yang indah bersama mereka, berbagi kasih dan berbagi cerita dalam hidup. Menyonsong hari sambil bergandeng tangan menuju jalan terindah dalam hidup. Andai masih ada kesempatan itu untukku aku janji Tuhan aku takkan pernah sia-sia kan semua. Akan ku jaga hinga akhir hayatku.
    Sahabat semoga kau dengar detak jantungku yang sekaku berkata “aku rindu”. Tapi jika memeng sahabatlah yang membut aku jadi terpuruk, semoga sahabarlah yang membuat aku kuat dan hidup dari keterpurukan itu. Karna sahabat…………………
    Pesan ku untuk kalian semua, janganlah kalian menyia-nyiakan sahabat yang kalian miliki saat ini, seberapa salahnya ia dan seberapa ia telah menyakitimu, jangan pernahlah kalian tinggalkan ia. cintailah sahabat kalian dan jangan pernah kecewakan dia, walau Ia telah mengecewakan kalian semua.
    Karena seorang sahabat tidak akan pernah menerima sahabatnya hanya disaat sahabatnya bahagia dan sahabat tidak hanya menerima kebaikan sahabatnya saja, tetapi sahabat juga memerima semua kekurangan sahabatnya. Genggamlah ia dengan erat. Karna sahabat teman kita selain keluarga, dan sahabat lebih memahami kita lebih dari kerabat.. Dan berusaha untuk saling melengkapi antara satu sama lain. Semoga kalian semua selalu berbahagia bersama sahabat-sahabat kalian……………… Love you friends….
    NAMA: YENA NOVALIA
    KELAS: S1-2DE

    Like this

  3. Yena Novalia said:

    WAKIL RAKYAT
    Kau rampas segenap jiwaku
    Kau kubur aku dalam bahagiamu
    Kau kikis aku dengan kelicikanmu
    Kau buang Daku bagai sampah dari sumpahmu
    Kau sembunyikan tangganmu
    Ketika semu menagih janjimu
    Oh……..
    Aku lupa………..
    Siapa aku………….??????
    Ya, Aku seonggok orang tak berguna
    Orang yang berada disudut negeri ini
    Dengan bajuku yang dekil
    Berharap datang pemimpin yang adil
    Kau ingat…………….
    Saat Kau katakan “Pilih Saya hidup akan sejahtera”
    Masih ada slogan itu digubukku
    Setiap hari masih kusentuh
    Setiap keluar dari gubuk tua itu..

    Like this

    • Temamu bagus, aktual. Untuk bisa bikin pusi pamlfet yang lebih bagus coba pelajari puisi-puisi Rendra. Taufik Ismail juga ada, saya agak lupa, mungkin judul kumpulannya Puisi Ladang Jagung. Rendra karakternya keras, taufik agak lembut. Baca terus saja kumpulan-kumpulan puisi yang bagus, nanti tanpa sadar “roh kata-kata” itu akan menjadi milikmu.

      Like this

  4. Indah Kurniyawati said:

    dan ini strightnews nya

    TEKNOKRAT KEMBALI MENGADAKAN PENTAS ISLAM YANG KE-IIi

    Perguruan Tinggi Teknokrat:
    Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (AR RAHMAN) Teknokarat, kembali mengadakan pentas islam III yang di ikuti oleh seluruh pelajar SMA,SMK dan MA se-propinsi Lampung.

    Pentas islam yang diikuti oleh 390 peserta SMA,SMK,MA se-propinsi lampung bertujuan untuk menggali bakat para siswa agar mereka dapat menyalurkan bakat mereka masing-masing melalui kegiatan ini dan akan terlahir generasi muda yang memiliki bakat dibidang mereka masing-masimg. Kegiatan pentas islam(Pensi) yang diselenggarakan pada tanggal 17-18 April 2010 dibuka resmi oleh ketua Yayasan Teknokarat H.Mahatir Muhammad,S.E.,M.M. dan beberapa dosen ikut serta dalam pembukaan acara ini yaitu Iwan Purwanti,S.Kom.,M.T. dan Y.Agus Nurhuda, S.Si.


    Dalam kegiatan Pentas Islam(Pensi) tidak ada campura tangan dosen, kegiatan ini murni di manage oleh panitia.

    “ Susunan acara pembukaan meliputi, pembacaan Al qur’an,Penampilan nasyid dari anak-anak TPA Waykandis, Penampilan tari Saman persembahan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni(UKMBS) Perguruan Tinggi Teknokrat dan Pemukulan Gong oleh ketua Yayasan Teknokrat H.Mahatir Muhammad,S.E.,M.M.” Kata koordinator acara Pentas Islam(Pensi) Ahmad Khosim Albannjari(05-05) saat ditemui team kami ditengah-tengah kesibukan kuliahnya.

    Ahmad khosim Albanjari menjelaskan,Dalam kegiatan Pentas Islam(Pensi) tidak ada campura tangan dosen, kegiatan ini murni di manage oleh panitia. Pembina Unit Kegiatan Mahasiswa Islam(UKMI) hanya memberi bimbingan dan pendapat agar kegiatan Pentas Islam(Pensi) berjalan sesuai dengan rencana yang disusun sebelumnya. Panitia yang berjumlah 80 orang, masing-masing pengurus 30 orang dan Anggota Muda Ar rahman(AMAR) 50 orang.

    Panitia dibagi menjadi beberapa bagian,khususnya panitia perlombaan. Perlombaan-perlombaan tersebut meliputi perlombaan Da’i/Dai’ah, Nasyid, Qori/Qori’ah, Adzan, Baca puisi Islam, Kaligrafi, Mading, Drama dan Lomba Cepat Tepat(LCT). Dari berbagai lomba tersebut,perlombaan drama merupakan lomba yang baru dilaksanakan pada Pentas Islam tahun ini. Tahun sebelum-sebelumnya lomba drama belum pernah diadakan tapi drama tahun ini hasilnya sangat luar biasa karena banyak peserta dari sekolah-sekolah yang berada diluar kota Bandar Lampung ikut serta dalam lomba ini.

    Sementara,diperlombaan Lomba Cepat Tepat(LCT) mengalami sedikit kendala karena panitia dalamm perlombaan ini salah dalam pemberian pertanyaan. Tetapi kendala ini dapat segera diselesaikan sehingga perlombaan dapat berjalan normal kembali. Akhir perlombaan ini dimenagkan oleh peserta dari SMA Alkautsar Bandar Lampung.

    Penutupan kegiatan Pentas Islam(Pensi) ditutup pada hari minggu,18 april 2010 oleh Pembantu Ketua I STMIK Teknokrat, Y.Agus Nurhuda,S.Si. Kemudian diadakan foto bersama dengan para pemenang lomba.” Harapan dari panitia Pentas Islam(Pensi) agar kegiatan Pensi tahun depan akan lebih baik dari pada kegiatan yand dilaksanakan tahun ini”. Ahmad Khosim Albanjari menutup pembicaraannya.

    Perlombaan-perlombaan untuk Pentas Islam mendatang akan ditambah lagi sesuai dengan permintaan para peserta. Agar mereka dapat menyampaikan ide-ide mereka masing-masing sehingga perlombaan tahun depan akan lebih bervariasi dan tidak monotone.Setelah acara penutupan selesai, dari pihak panitia mengadakan bersih-bersih agar lingkungan Perguruan Tinggi Teknokrat kembali bersih dan dapat digunakan untuk aktivitas seperti semula.

    Unit Kegiatan Mahasiswa Islam Ar rahman(UKMI Ar rahman) Perguruan Tinggi Teknokrat selalu melakukan evaluasi,ketika selesai dalam kegiatan apapun,khususnya kegiatan Pentas islam ini. Mereka saling memberi pendapat dan masukan,apabila dalam kegiatan yang sudah dilaksanakan mengalami banyak permasalahan. Sehingga untuk kegiatan selanjutnya akan lebih baik lagi.

    Like this

    • Saran saya diubah leadnya misalnya begini :
      Bandar Lampung, Manis Manja (nama majalahmu) – Pentas Islam 2010 yang diikuti 390 pelajar SMA, SMK dan MA se Provinsi Lampung kembali digelar oleh
      Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (AR RAHMAN) Teknokrat. Pagelaran ini bertujuan
      untuk menggali dan menyalurkan bakat para siswa di bidang seni Islami, demikan dikatakan oleh Ketua Yayasan Teknokrat, H.Mahatir Muhammad,S.E.,M.M. pada pembukaan acara, 17-18 April 2010, di kampus Teknokrat, Labuhan Ratu, Bandar Lampung.
      Alinea 2 dst adalah penulisan peristiwa secara detil. OK. Secara keseluruhan sudah benar. Teknik penulisan bisa ditingkatkan.

      Like this

  5. yena novalia said:

    Teknokrat Festival

    Bandar Lampung(9/5/2010), Friendship Magazine – Perguruan Tinggi Teknokrat kembali melaksanakan serangkaian acara festival yang digelar dilapangan PT. Teknokrat itu sendiri. Kemarin (8/5), Teknokrat melaksanakan puncak acara dari semua rangkaian acara yang dilakukan oleh setiap fakultas.

    Acara yang berlangsung dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 08.00 malam ini bertemakan “PARTNERSHIP FOR MARVELOUS ACHIEMENTS, FRIENDSHIP FOR VIRTOUS ACTS ” berlangsung dengan meriah dan dihadiri hampir seluruh mahasiswa PT. Teknokrat. Acara ini juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Teknokrat, H. Mahathir Muhammad,SE,M.M,Ketua Umum PT.Teknokrat,H.M.Nasrullah Yusuf,SE,M.B.A, Serta beberapa Staf dan Dosen PT.Teknokrat. Sayangnya acara ini tidak dapat dihadiri oleh Gubernur Lampung dikarenkan ada keperluan lain, dan hanya diwakilkan saja.

    Serangkaian acara yang digelar di PT. Teknokrat ini ditutup dengan acara yang sangat meriah. Acara diawali dengan sambutan dari Ketua Umum PT.Teknokrat, H.M Nasrullah Yusuf,SE,M.B.A. dalam sambutannya beliau menyebutkan “Acara yang di gelar di PT. Teknokrat ini dapat disetarakan dengan Universitas Gajah Mada”. Suatu kebanggaan tersendiri untuk Teknokrat yang memiliki mahasiswa kurang lebih 4rb orang ini. Teknokrat selalu memberikan hal yang berbeda dari tahun ke tahun disetiap acara yang digelarnya.

    “Tidak akan menambah jumlah mahasiswa, tetapi hanya menyeimbangkan jumlah mahasiswa yang masuk dan jumlah mahasiswa yang lulus.” Kata Ketua Umum PT. Teknokrat. Ini bertujuan untuk menghasilkan mahasiswa yang kompeten dan berdedikasi tinggi di bidangnya. Untuk mencapai itu semua Teknokrat memfasilitasi semua kegiatan dengan dibanggunnya gelanggang mahasiswa. “Gelanggang mahasiswa ini merupakan gelanggang terbesar di Lampung,dan gelanggang dengan kubah bergaya Itali” katanya.

    Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan para pemenang disetiap acara yang telah digelar oleh PT. Teknokrat. dan sekaligus pemberian hadiah kepada pemenang lomba dari semua cabang lomba yang digelar oleh PT.Teknokrat. dan penampilan terbaik dari beberapa mahasiswa/mahasiswi Teknokrat.

    PT.Teknokrat selalu memberikan yang terbaik disetiap acara yang digelarnya. “PT. Teknokrat dibangun diatas semua kekuatan” kata Ketua Umum PT.Teknokrat H.M. Nasrullah Yusuf,SE,M.B.A, sebelum mengakhiri sambutannya.(Yena Novalia)

    Like this

    • Teknik penulisan straight news yang kamu terapkan sudah benar, yaitu ringkas dan lugas. What pada lead kurang tajam. Whatnya adalah puncak acara atau penutupan festival yang telah berlangsung sejak sebulan yang lalu. Misalnya begini : Puncak acara Festival Teknokrat yang berlangsung ….. – ….. ditutup oleh Dr. H.M. Nasrullah Yusuf 8/2010 di kampus Teknokrat, Labuhan Ratu, Bandar Lampung. Atau variasi lead yang lain : Perguruan Tinggi Teknokrat bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dan berdedikasi tinggi. Salah satu usaha untuk mendukung tujuan itu adalah dibangunnnya sebuah gelanggang mahasiwa terbesar di Lampung. Hal itu dikatakan oleh Dr. H. M. Nasrullah Yusuf dalam puncak acara Festival Teknokrat, 8/5 di kampus Labuhan Ratu, Bandar Lampung. Yang kedua mungkin lebih baik. Untuk penulis pemula kamu sudah menunjukkan kemajuan yang pesat. terus berlatih, terutama untuk penulisan feature.

      Like this

  6. sri suparti said:

    TEKNOKRAT – BANDAR LAMPUNG
    Mahasiswa harus meningkatkan prestasi dan jangan pernah puas diri, adalah inti sambutan yang disampaikan Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat, DR.H.Mahathir Muhammad, SE., M.M., dalam acara pembukaan Gebyar STBA, Sabtu, 24 April 2010, di kampus Labuhan Ratu, Bandar Lampung.

    Perayaan dibuka dengan pemukulan gong oleh Ketua yayasan pada pukul 9.00 WIB di samping koridor masjid Asmaul Yusuf,Teknokrat.

    Perayaan ini juga dihadiri oleh Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat, DR.H. Mahathir Muhammad, S.E., M.M., Muli Provinsi Lampung, dan seluruh Staff Pengajar STBA dan seluruh mahasiswa Teknokrat ,tetapi pada umumnya yang menghadiri yaitu mahasiswa STBA. Acara tersebut diawali dengan sebuah persembahan dari mahasiswa UKMBS (Unit Kegiatan Mahasiswa Bidang Seni ) yaitu Tari Sembah.

    Gebyar STBA merupakan acara tahunan yang diadakan di perguruan tinggi Teknokrat salah satunya untuk memperingati hari kelahirannya. Adapun acara gebyar tahun ini bertema “ Resident Vampire”. Acara ini dibawakan oleh 2 macam jenis MC yaitu MC formal dan MC non-formal. Pembawa acara MC formal menggunakan 3 jenis bahasa yaitu bahasa Inggris, Jepang dan Indonesia. Adapun urutan susunan acara tersebut adalah pemberian penghargaan kepada mahasiswa berprestasi yang mengikuti kompetisi ALSA di Palembang pada tahun 2010 yang diberikan oleh Ketua Yayasan Pendidikan, didampingi oleh Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat dan Ms. Sally, yang merupakan penanggung jawab pelaksanaan Gebyar STBA tersebut. Bersaman dengan itu, diikuti oleh Pemukulan Gong oleh Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat dan setelah itu sambutan darinya. Adapun inti sambutan tersebut adalah “ Mahasiswa jangan mudah puas diri terhadap hasil yang telah dicapainya” , mahasiswa harus berkerja keras untuk meningkatkan prestasinya lebih baik untuk bisa bersaing baik dari tingkat regional maupun tingkat nasional. Dan bisa membuktikan kepada publik bahwa meskipun Perguruan Teknokrat masih berumur muda tetapi mutu dan kualitas pendidikannya tidak kalah dengan perguruan tinggi dan Universitas lain di Indonesia, ungkapnya.

    Setelah, sambutan oleh ketua Yayasan Perguruan Tinggi Teknokrat, kemudian diteruskan dengan laporan ketua penyelenggara Gebyar STBA, Iqbal Saripada.

    Ekspresi Siswa

    Setelah sambutan oleh ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat dan sambutan dari penyelenggara kegiatan gebyar STBA telah berakhir. Maka, berakhir pulalah tugas MC formal tersebut. Namun, Untuk mengisi waktu yang masih tersisa cukup banyak tersebut, ada sebuah penampilan dari panitia penyelenggara gebyar STBA tersebut yaitu tentang kehidupan Vampire. Dan tak mau kalah juga, wakil dari Pendidikan bahasa Jepang juga menampilkan sebuah drama yang mereka sebut “ Opera Van Japan”. Kemudian acara diteruskan Pemilihan Prince and Princess Teknokrat tahun 2010, yang diikuti dengan Perfomance masing – masing pasangan. Dan akhirnya yang menjadi Prince and Princess terfavorit adalah Ratna dan Diki. Dan setelah itu, pemberian hadiah kepada pemenang peserta lomba seperti Lomba Speech, Story Telling, Scrabble, Translation, dan masih banyak lagi jenis lomba yang lainnya. Acara selanjutnya yaitu perfomance lagu oleh peserta sing song Teknokrat 2010. Acara berakhir menjelang magrib dan ditutup dengan ucapan Alhamdullilah, karena telah berjalan dengan lancar tanpa ada halangan.

    Like this

  7. yena novalia said:

    Teknokrat

    Megah , warna dindingmu….
    Indah, alam sekitarmu..
    Tedih, berada ditengahmu…
    Nyaman, ku menimba ilmu disitu..

    Banyak gedung disekitarmu..
    Namun, kau tetap nomer satu..
    Mudah ku menemukanmu…
    Walau, ditengah padatnya kota itu..

    Teknokrat ….
    Perguruan Tinggi kebanggaanku…
    Tempat yang tepat untuk menimba ilmu..
    Tempat untuk menemukan masa depan ku..

    Teknokrat…
    Kujunjung almamater tercintaku..
    Kan ku bawa sampai akhir hidupku…
    Karna ku bangga bias menjadi bagian darimu..
    By: yena novalia (dari hati yang terlupakan)

    Like this

  8. yena novalia said:

    Crew Teknokrat Insight mengikuti Workshop Jurnalistik

    Bandar Lampung(Kamis,13/5/10), Friendship Magazine – Perguruan Tinggi Teknokrat tidak hanya mengirim mahasiswa/mahasiswinya ke perlombaan saja, seperti ALSA baru-baru ini. Tetapi juga mengirim 5 orang perwakilan tim kreatif dari Teknokrat Insight,salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) yang ada di Teknokrat untuk mengikuti workshop jurnalistik yang diadakan oleh HMJ Ilmu Komunikasi FISIP Unila(Universitas Lampung), kemarin(Rabu,12/5/10). Workshop jurnalistik ini digelar di Auditorium Perpustakaan Lt.3 Universitas Lampung(Unila), selaku pembicara adalah Ketua Masyarakat Pers dan Penyiar Indonesia Kukuh Sanyoto.

    Acara yang digelar oleh HMJ Ilmu Komunikasi FISIP Unila ini merupakan rangkaian dari acara yang digelar dari tanggal 1-23 Mei 2010 yang bertemakan “COMMUNICATION ROAD SHOW”. Salah satu dari rangkaian acara tersebut adalah Workshop Jurnalistik ini, dengan tema “…everything start with communication”. Selain itu juga ada workshop fotografi /periklanan/ sinematografi/ kehumasan/. Juga terdapat beberapa lomba seperti lomba srabble/mewarnai/ speech contest/ newscaster/ poster/ opini dan cerpen.

    Perguruan Tinggi Teknokrat selalu memberikan pembelajaran yang terbaik kepada mahasiswa / mahasiswinya yang tergabung dalam Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM),seperti mengikut sertakan 5 orang crew Teknokrat Insight dalam seminar. Selain menyediakan ruang organisasi yang dibangun untuk kenyamanan berorganisasi untuk menghasilkan karya-karya terbaik mereka.

    Acara workshop jurnalistik ini dimulai pukul 09.00-15.15 WIB, dengan jumlah peserta kurang dari 20 orang. Walau hanya dihadiri kurang dari 20 peserta, tetapi acara ini berjalan dengan lancar dan antusias para peserta dalam menyimak serta menjawab pertanyaan membuat acara meriah. Tidak ketinggalan perwakilan dari Teknokrat pun turut berantusias dalam mengikuti workshop ini. Mereka ikut aktif dengan bertanya atau menjawab pertanyaan dari pembicara.

    Dalam workshop ini Kukuh Sanyoto selaku pembicara membawakan materi tentang UU Pers, televisi dan penyiaran. Beliau juga mengajarkan tentang cara wawancara, penulisan berita, peliputan termasuk juga menyiarkan berita yang bagus, menarik dan bernilai tinggi. Beliau menyebutkan “wartawan adalah profesi yang mewakili publik, wartawan itu mendapat mandat dari publik untuk mencari, mengolah dan memberitakan sesuai dengan rambu-rambu yang ada, tidak menyalahi aturan”. (Yena novalia)

    Like this

    • Leadnya mungkin begini lebih fokus. ALSA dsb tak perlu dimasukkan dalam lead, sebab akan mengaburkan fokus. Tapi kalau kamu mau boleh dimasukkan dalam bridge atau body. Yang lain OK, teliti EYD.
      Bandar Lampung(Kamis,13/5/10), Friendship Magazine – Perguruan Tinggi Teknokrat mengirim 5 orang perwakilan tim kreatif dari Teknokrat Insight, salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa(UKM) yang ada di Teknokrat untuk mengikuti workshop jurnalistik yang diadakan oleh HMJ Ilmu Komunikasi FISIP Unila(Universitas Lampung), (Rabu,12/5/10). Workshop jurnalistik digelar di Auditorium Perpustakaan Lt.3 Universitas Lampung(Unila), dengan pembicara Ketua Masyarakat Pers dan Penyiar Indonesia Kukuh Sanyoto.

      Like this

  9. yena novalia said:

    februari
    bulan penuh sejuta aksi…
    memperingati hari lahir diri ini..
    saat berteminya 2 sejoli…

    february..
    bulan dengan segudang mimpi..
    waktu untuk saling mengasihi..
    membagi semua yang dirasakan hati..

    february…
    melangkah untuk menjadi lebih baik lagi..
    memberi kedamaian dihati..
    serta menggukir sejita prestasi…

    by: yena novalia(dari hati yang terlupakan)

    Like this

  10. sri suparti said:

    LPBM TEKNOKRAT- BANDAR LAMPUNG “Mahasiswa LPBM jangan merasa rendah diri terhadap mahasiswa yang bergelar D3 maupun SI, dan mahasiswa yang bergelar D3 dan bergelar SI jangan merasa hebat atau lebih pintar daripada mahasiswa LPBM, karena baik mahasiwa yang bergelar DI , D3 maupun SI memiliki kemampuan yang yang setara” itulah inti dari sambutan ketua Yayasan Perguruan Tinggi Teknokrat DR. Mahathir Muhammad , SE., M.M. Sambutannya dilakukan setelah pemukulan Gong, yang menandai bahwa Gebyar LPBM tahun 2010 telah dimulai. Gebyar LPBM tahun ini diadakan pada hari Selasa, 27 April 2010. Tepatnya pukul 08.00 Wib, di samping Koridor Masjid Asmaul Yusuf, Teknokrat.

    Perayaan gebyar LPBM tersebut dihadiri oleh Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat, DR.H.M. Nasrullah Yusuf, SE., M.B.A. , Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat, DR.H. Mahathir Muhammad, S.E., M.M. dan seluruh mahasiswa Teknokrat khususnya mahasiswa LPBM. Acara ini dibuka dengan sebuah persembahan Tari Sembah Pengunten oleh mahasiswa LPBM.

    Gebyar LPBM merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh Perguruan Tinggi Teknokrat untuk merayakan Ulang Tahunnya. Adapun tema perayaan Gebyar LPBM tahun ini adalah “ Rising Nationalism of Young Generation Thought Art, Culture and Technology” dan acara ini juga dipandu dua macam pembawa acara yang sama halnya dengan Gebyar STBA yaitu Pembawa acara dalam bentuk formal dan Pembawa acara non-formal tetapi didalam perayaan gebyar LPBM ini yang digunakan hanya dua macam bahasa yaitu bahasa Inggris dan bahasa Indonesia tanpa menggunakan bahasa Jepang. Ada beberapa macam acara yang telah dilewati bersama dari perayaan gebyar LPBM tersebut adalah : pemberian hadiah kepada para pemenang lomba, adapun jenis lomba yang diperlombakan untuk mahasiswa LPBM seperti Fashion Show, Sing Song, Futsal, Lomba Cerdas Tepat (LCT), perlombaan dalam bidang Komputer khususnya Power Point dan masih banyak lomba yang diselenggarakan oleh LPBM Teknokrat tersebut. Adapun acara lain yang diselenggarakan pada puncak Gebyar LPBM tersebut adalah pemilihan King dan Queen LPBM tahun 2010. Pada mulanya King and Queen LPBM Teknokrat ada lima pasang, tetapi pada akhirnya yang menjadi King dan Queen LPBM Teknokrat terfavorit tahun ini adalah Farhan Maulana Varlindo and Widia Aprilia Wijaya. Acara ini pun dimeriahkan dengan Persembahan Drama “ Opera Van Java” dari mahasiswa LPBM Teknokrat. Gebyar LPBM pada tahun 2010 ini, berakhir pada pukul 05.00 Wib.

    Like this

    • Bndarlampung – ……. (nama majalahmu) . Mahasiswa LPBM jangan merasa rendah diri terhadap mahasiswa yang bergelar D3 maupun SI, dan mahasiswa yang bergelar D3 dan bergelar SI jangan merasa hebat atau lebih pintar daripada mahasiswa LPBM, karena mereka memiliki kemampuan yang yang setara. Hal itu dikatakan oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Teknokrat Dr. Mahathir Muhammad , SE., M.M. dalam sambutan pembukaan acara Gebyar LPBM 2010, Selasa, 27 April 2010, pukul 08.00 Wib, di samping Koridor Masjid Asmaul Yusuf, Teknokrat.

      Perhatikan koreksi saya pada lead, ini lebih ringkas dan fokus kan ? Lead kutipan langsung jarang dipakai dalam straight news. Kalaupun dipakai dalam feature itupun biasanya ucapan dari tokoh-tokoh yang sangat terkenal. Maka saya ganti dengan kutipan tidak langsung.

      Like this

  11. sri suparti said:

    Penjual kue yang Perkasa

    Terdengar suara nyaring dari arah utara kompleks perumahan Gang beringin. ” Kue…. Kue… Kue.. ” begitu diteriakkan oleh Bibi Lis, begitu ia biasa dipanggil, hampir setiap pagi. Tangannya yang sedikit berkerut menyangga tampah diatas kepalanya tidak jatuh.

    Dengan ramah ia melayani para pembelinya, meskipun peluh keringat mengalir deras membasahi wajahnya. Ia menjalani pekerjaan tersebut demi memenuhi kebutuhan hidupnya, ketiga anaknya beserta seorang ayah kandungnya, demikian ungkap perempuan kelahiran Bandar Lampung, 2 Oktober 1973 dengan wajah berseri.

    Meskipun menjadi tulang punggung keluarga tetapi ia tersebut tidak pernah mengabaikan kewajibannya sebagai ibu untuk ke-3 anaknya . Ia selalu menyiapkan sarapan pagi sebelum anaknya berangkat sekolah. Setiap pagi dia harus bangun lebih awal dan untuk mempersiapkan barang dagangannya. Ia juga tetap meluangkan waktu untuk mendidik anaknya, meskipun mereka sudah mulai beranjak dewasa. ” Suami saya, telah pergi meninggalkan kami beberapa tahun lalu” , katanya dengan mata memerah.

    Hanya bersekolah SD

    Ibu penjaja kue ini tidak memiliki keahlian khusus dalam hidupnya, ia hanya bersekolah SD itupun tidak sampai lulus. Untuk itu, dia hanya mengandalkan penghasilannya dari menjual kue tanpa ada pekerjaan sampingan yang ia lakukan. Meskipun keuntungannya tidak terlalu banyak hanya sekitar Rp 25.000 per hari. Dan itupun tergantung banyaknya kue yang dijajakan olehnya. Kadang –kadang keuntungannya bisa kurang dari Rp 25.000 . Keuntungan tersebut digunakan untuk membiayai ketiga anaknya yang bersekolah, dua putrinya yang masih menduduki di bangku SMP dan satu putranya yang masih duduk di bangku SD kata ibu yang beralamat di jalan Tupai, gang Manggis, lingkungan 2, Rw 03, Rt 011 Bandar Lampung itu.

    “ Ingin putra dan putrinya dapat melanjutkan ke sekolah yang lebih tinggi lagi yaitu SMA atau bahkan dapat melanjutkan ke jenjang Perguruan Tinggi dan berharap kehidupan putra dan putrinya lebih baik daripada kehidupan dirinya” itulah sepenggal harapan tulus yang terucap dari ibu berkerudung itu. Untuk itu , meskipun kehidupannya berat tetapi ia tetap bersemangat demi anak – anaknya. Ia pun selalu bersyukur atas nikmat Tuhan karena walaupun hasil jualannya tidak mendapatkan keuntungan yang lebih tetapi ia bisa memenuhi kebutuhan hidup dan biaya-biaya sekolah anaknya.

    Empat tahun bukanlah waktu yang sebentar bagi Bibi Lis untuk berjualan kue keliling. Karena sejak tahun 2006 sampai sekarang, Ibu tiga anak itu masih tetap menjalankan profesi kesehariaannya. Kini harapannya hanya bergantung pada ketiga anaknya, untuk bisa mengubah kehidupan keluarga Ibu lis lebih baik lagi. Meskipun, Ketiga anaknya masih belum bisa melakukan harapan ibunya itu. Semoga apa yang diharapkan oleh Ibu Lis dapat tercapai.Amin.( by Sri Suparti, 09111125)

    Like this

    • Alinea 1 – 3 saya edit, coba cemati. Saya tidak merombak total, hanya menajamkan deskripsi dan diksi kamu sebagai alternatif. padukan kutipna langsung dan tidak langsung. Kamu terlalu banyak memakai tetapi, meskipun, walaupun…. Itu tidak bisa diletakkan di awal kalimat, juga membuat kalimat kurang menarik. Alinea selanjutnya silahkan perbaiki sendiri dengan melihat bagian yang sama edit atau tetap berpegang pada 6 kekuatan feature. INi sudah fokus.

      Like this

  12. sri suparti said:

    Tuhan ku
    Tuhan…
    Begitu besar keagungan Mu
    Engkau menciptakanku dan semua Makhluk Mu
    Hanyalah satu …
    Hanya untuk menyembah Mu
    Pagi, Siang dan Malam selalu berlalu
    Bukti kuasa Mu, Tuhan Ku
    Dan tak kan pernah hamba luput dari pengawasan Mu
    Karena Engkaulah Yang Maha Tahu
    Tuhan ku….
    Kini ku datang bersimpuh dihadapan Mu
    Untuk memohon ampun atas dosa-dosa ku
    Untuk kembali ke jalan lurus Mu
    Tuhan ku…
    Kini kau kembali mengisi kalbuku
    Ku berjanji akan menjaga nama Mu
    Sampai akhir hayatku
    Karena Engkaulah yang selalu mengerti aku….
    Tuhan ku……

    Like this

  13. Senin, 17 Mei 2010
    PERGURUAN TINGGI TEKNOKRAT RAIH JUARA 2 DAN TERBAIK DI AJANG BAHASA INGGRIS TINGKAT NASIONAL

    BANDAR LAMPUNG : …….. (nama majalahmu). Setelah memenangkan berbagai kompetisi Bahasa Inggris dan menjadi juara umum bertahan di ajang EEC in Action (EIA) UNILA tingkat Sumbagsel, 20 Februari 2010 lalu, kini perguruan tinggi Teknokrat kembali meraih juara dalam ajang kompetisi bergengsi ALSA English Competition 2010 yang di selenggarakan sejak tanggal 15 April hingga 20 April 2010 lalu di Fakultas hukum Universitas Indonesia.

    Perlombaaan bahasa inggris yang diikuti oleh mahasiswa Teknokrat ini tergabung dalam organisasi Teknokrat English Club dan G.O.D. Perlombaan tersebut dibuka pasa tanggal 15 April di aula Fakultas Hukum Universitas Indonesia yang disaksikan oleh berbagai kalangan dari kalangan pelajar hingga mahasiswa se Indonesia.

    Ajang bahasa Inggris paling bergengsi tersebut diikuti oleh 19 mahasiswa dari Perguruan Tinggi Teknokrat yang tergabung dalam sebuah nama Teknokrat Squad. Beberapa kompetisi di antaranya, News Casting, Story Telling, Speech Contest, Paper Presentation, Battle of Brain, dan Debate competition diikuti oleh delegasi terbaik yang telah lulus seleksi kualifikasi internal di Pergruan Tinggi Teknokrat.

    Mahasiswa-mahasiswi Teknokrat yang mewakili Perguruan Tinggi Teknokrat diantaranya adalah, Puti Intan dan Septian Trisilo Prabowo ( News Casting), Rara Agustina dan Retty Dwi P (Story Telling), Ayu Febry Ismawanti dan Danang (Speech Contest), Chandra wiguna dan Welly Agustinda (Paper Presentation), M.Yuseno Kardiansyah, Khifti Fatimah dan Ratna Dewi ( a team for Battle of Brain). Sementara pada ajang Debate Competition diikuti oleh dua tim yaitu Dede Pranata, M. Prasetyo dan Dian Febrisa sebagai tim I dengan N+1 Siuly, sementara Tim II terdiri dari Nurul Djanah, Indra Gunawan dan Febriantoso dengan N+1 Ruri K.

    Dari ke 19 delegasi tersebut diantaranya Puti Intan berhasil menduduki peringkat empat nasional sebagai finalis dalam ajang News Casting, Retty Dwi Puteri berhasil menduduki peringkat tiga dalam babak penyisihan dan menjadi finalis Story Telling, Ayu febry dan Danang berhasil menduduki Peringkat pertama dan keempat penyisihan dan menjadi finalis Speech Contest, Sementara Chandra Wiguna dan Welly Agustinda berhasil meraih juara kedua dan terbaik (best paper) dalam ajang Paper Presentation.

    ” Alhamdulillah saya sangat bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena pada tahun ini saya bersama teman-teman teknokrat squad berhasil menduduki peringkat terbaik di ajang Bahasa Inggris yang cukup bergengsi ini”. Ujar Chandra Wiguna, mahasiswa semester enam yang berhasil meraih juara kedua Paper Presentation tersebut. Berbeda halnya dengan Welly Agustinda yang mengatakan bahwa ia sangat terkejut ketika mendapatkan juara terbaik (Best Paper) mengingat persiapan yang ia lakukan sangat sulit.
    ” Saya merasa senang, gugup dan terkejut karena ini pengalaman pertama bagi saya mengikuti perlombaan semacam ini” ujar Welly.

    Meskipun tahun ini tim debat dan tim BOB belum berhasil membawa pulang piala juara, namun ini sudah menjadi bagian yang paling baik dalam meraih prestasi di tingkat Nasional, mengingat banyak sekali delegasi yang memasuki peringkat sebagai finalis. Semoga Perguruan Tinggi Teknokrat mampu bersaing kembali di tahun-tahun berikutnya ( Septian, 18 Mei 2010)
    Diposkan oleh Septian Prabu di 21:46

    Like this

    • Saya edit pada bagian lead. Leadmu terllau panjang. Ingat pada penulisan berita satu alinea sebaiknya hanya terdiri dari 4/ 5 baris saja, yang paling banyak 3 kalimat. Bahkan kalau kamu cermati KOmpas, lead kadang hanya terdiri dari satu / dua kalimat. Secara umum tulisanmu sudah baik. 5 W + 1 H dan news value untuk ukuran teknokrat sudah terpenuhi. Bisa ditingkatkan.

      Like this

  14. Aku di Balik Hutan

    Aku di balik hutan
    Bersama air, gemuruh di seberang dekat sekali
    Bersama air, mengalir dari rintiknya hujan
    Ia berjalan tengah-tengah dedaunan bambu
    Bersama air, terjatuh dari dedaunan
    Menapaki tanah yang kutapak

    Aku di balik hutan
    Bersama air yang meraba-raba mencari tanpa lekuk
    Mencari mulut-mulut sungai
    Untuk kembali pada laut lepas
    mengairi tanah
    lalu menguap, kembali
    Pada kehitaman kumpulannya
    di balik awan
    sesekali membentuk pelangi

    Aku di balik hutan
    ikut meraba, seolah gelap tanpa gegap gempita sepotongpun
    mengingat hitam yang ku kumpulkan
    mencari sinar dibalik nya, aku
    berperan laiknya awan hitam
    gelap, mengundang gemuruh

    Aku di balik hutan
    berputar seperti putaran air
    yang sedari tadi menemaniku
    berkonsentrasi pada porosnya
    mencari jati diri pada kegelapan hutan malam
    laiknya air mencari mulut sungai
    pada tanah yang berliku.

    Aku di balik hutan
    belajar, mengitari perputaran air
    air berjudulkan jati diri sesungguhnya
    proses yang berputar menebak dan menerka
    aku
    Aku di balik hutan bersama sajak Tuhan
    mengalir dalam hujan

    Like this

  15. Dear kids ; Yena, Suparti, Septian, terima kasih atas kerja keras kalian menulis dan mengirimkan ke sini. Saya minta maaf belum bisa menanggapi. Saya akan ke luar kota untuk memfasilitasi pelatihan guru-guru dan baru kembali minggu depan…..it will be freedom from internet, maybe HP as well (sometimes i need this). Segera sesudah kemabli dari sana saya akan menanggapi.

    Like this

  16. indah kurniyawati said:

    miss ini feature saya tentang wisata batutegi karena tempat ini didaerah saya.tolong komentar dari miss.

    Bendungan Batu Tegi

    Bendungan Batu Tegi merupakan salah satu bendungan terbesar se-ASIA TENGGARA terletak di Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung dan telah diresmikan oleh Presiden Megawati pada tahun 2004, bendungan ini merupakan salah satu bendungan terbesar di Asia Tenggara.

    Lokasi Bendungan Batu Tegi hampir mendekati pusat kota-kecamatan Talang Padang, di sudut kanan persimpangan tampak mencolok papan penunjuk arah menuju Bendungan Batu Tegi (Tegi = tegak/berdiri-bahasa Lampung). Lokasi yang berjarak 20 km dari persimpangan ini memiliki areal yang sangat luas. Bila tidak menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat menggunakan jasa ojek dari pangkalan-pangkalan yang ada untuk sampai ke lokasi.
    Selain fungsinya sebagai PLTA/irigasi, juga dimanfaatkan sebagai objek wisata, mengingat pemandangannya yang begitu bagus dan indah. ,bendungan itu memang cukup besar yaitu menyatukan dua bukit yang cukup tinggi dan air yang menggenang menengelamkan bukit-bukit kecil yang terletak di sebelah hulu bendungan. Diatas bendungan adalah jalan beraspal yang cukup lebar sekitar 10 m dilengkapi dengan trotoar, pot bunga, lampu jalan dan pagar pembatas.
    Pada tahun 1995 bendungan batu Tegi sudah terselesaikan. Tinggi Diatas Dasar Sungai 113 m, Tinggi Diatas Galian 120 m, Panjang Puncak 690 m, Lebar Puncak 12 m, Volume Tubuh bendungan 9000000 m. Dalam pembangunan bendungan batu tegi pihak konsultannya yaitu PRC Eng.INC (USA), SINOTECH (Taiwan) dan Kadenus.

    Mendekati pusat kota-kecamatan Talang Padang, di sudut kanan persimpangan tampak
    mencolok papan penunjuk arah menuju Bendungan Batu Tegi (Tegi = tegak/berdiri-bahasa Lampung). Lokasi yang berjarak sekitar 85 km dari Bandar Lampung dan 20 km dari persimpangan ini memiliki areal yang sangat luas. Bila tidak menggunakan kendaraan pribadi, pengunjung dapat menggunakan jasa ojek dari pangkalan-pangkalan yang ada untuk sampai ke lokasi.
    Konon pada saat pengerjaanya menelan sebanyak 13 orang. Ketiga belas korban itu tewas saat mengerjakan sebuah terowongan pembuangan air yang sangat besar berdiameter puluhan meter dan panjangnya ratusan meter kebawah, mereka terimpa alat pengecor semen seberat puluhan ton.
    sDibalik kisah seram proses pembangunannya, bendungan batu tegi merupakan salah satu tempat wisata yang menawarkan pemandangan yang indah, wilayah area bendungan sangat luas luar biasa. Sejak masuk di gerbang dekat jalan utama sampai ke area bendungan banyak pemandangan yang dapat dinikmati. Ketika kita berada dia atas bendungan dan melihat ke bagian hulu ( atas ) kita serasa melihat lautan yang luas, dan ketika kita melihat kebawah kita dapat melihat tangga, kantor dan mesin pembangkit listrik begitu kecilnya.
    Penduduk yang ramah di pekon-pekon Kecamatan Pulau Panggung wilayah sekitar lokasi bendungan akan dengan antusias menjawab pertanyaan pengunjung berbagai hal tentan daerahnya. Sebagian besar penduduk adalah etnis Semendo (Sumatera Selatan) yang telah menetap di wilayah ini sejak dahulu.
    Disamping fungsi utama sebagai PLTA dan Irigasi/pengairan, sebagai objek wisata, bendungan/waduk ini memiliki pesona pemandangan yang menakjubkan. Danau yang terbentuk oleh genangan air bendungan ini amat luas. Dikelilingi perbukitan, obyek ini bak terlukis dikanvas yang bagaikan magnet menyedot perhatian pengunjung hingga betah berlama-lama memandangnya.

    Jika beruntung, berbagai jenis ikan tawar dapat dibeli antara lain: baung, gabus, patin, dan sebagainya yang merupakan tangkapan penduduk sekitar dengan perahu motor yang kerap sandar pada jeti—dermaga apung—dua sampai empat kali sehari. Peminat juga dapat pula menyewa perahu mereka untuk sekedar berkeliling danau atau memancing dengan sewa Rp. 25.000,00 untuk satu rombongan kecil (3 s.d 5 orang) selama 1 jam. Walaupun objek ini belum memiliki fasilitas yang memadai bagi wisatawan, namun sejak tahun 2002 lalu ramai dikunjungi oleh masyarakat Tanggamus maupun luar daerah terutama saat liburan dan akhir pekan. (Indah Kurniyawati_09111093)

    Like this

    • INi feature pariwisata ya Ndah ? Kalau feature jenis ini saya pikir mungkin baik jika dibuka dengan lead deskriptif. Misalnya : Tak jauh dari ibukota kecamatan Talangpadang, di sisi kanan jalan terdapat papan petunjuk bendungan Batu tegi. Kalau arah ini kita ikuti, kita akan sampai di sebuah danau buatan seluas….., diapit oleh perbukitan yang hijau asri. Alam yang cantik, seperti banyak direkam oleh para pelukis mooi indie dalam kanvas mereka.

      Aliea Ii dst… kamu bisa teruskan dengan deskripsi b=danau buatan yang aslinya adalah sebuah PLTA, riwayat pembuatannya yang mamakan banyak korban pekerja, cara mencapainya. Saya hargai usahamu untuk mencatat detil deskripsi ttg luas, volume danau dsb. tapi saya masih merasakan gaya straight news dalam tulisanmu dengan kata lain stilistika bahasa-nya masih perlu dilatih. TIdak apa-apa. terus saja berlatih. Kamu punya bakat.

      Like this

  17. indah kurniyawati said:

    Oleh:
    Indah Kurniyawati_09111093

    derita hidup gadis desa

    aku tersentak bangun saat mendengar tangisan dari kamar sebelah.Jam sudah menunjukkan jam 03.00.a.m.Aku bangun dari tidur dan menghampiri suara tangisan itu ,ternyata ibuku menangis,didepan ibu terbujur kaku tubuh ayahku.Seketika aku tak sadarkan diri,setelah aku sadar,sudah banyak orang berkumpul dirumahku.
    Keesokan harinya “Nak,bapakmu sudah meninggal.”Kata ibu dengan suara paraunya,karena dari semalam ibu menangis.”Ibu….jangan menangis,relakan kepergian bapak Bu..”Kata Nia dengan air matanya yang bercucuran bagaikan anak sungai yang dialiri air.”Iy nak…ibu bingung dengan nasib kamu dan adik-adikmu,ibu tidak punya pekerjaan untuk membiayai pendidikan kalian…”Ibu putus asa. Nia kemudian memeluk ibunya dan dia berkata “Bu….izinkan Nia bekerja untuk menyambung hidup kita dan pendidikan adik-adik”.
    “Tidak nak…kamu harus kuliah,ingat pesan almarhum bapakmu sebelum dia pergi”.Kata ibunya.Nia tidak ingin mengecewakan orangtuanya.Dengan berat dia menjawab ”Baiklah bu…Nia akan melanjutkan kuliah,tapi Nia juga akan bekerja buat biaya kuliah Nia”.”Berangkatlah nak besok,segera daftar sebelum telat”.Kata ibunya.”Iya… bu…sekarang nia bersih-bersih kamar dulu,setelah selesai Nia siap-siap untuk daftar besok”.Kata Nia yang beranjak meninggalkan ibunya.
    Pagi-pagi Nia sudah bangun,setelah selesai solat subuh dia mempersiapkan kembali persyaratan yang diperlukan saat mendaftar besok.”Ibu…Nia berangkt dulu…Nia pasti pulang kalau sudah mulai kuliah”.kata nia ,saat berjabat tangan dengan ibunya.Nia juga berpesan pada adik-adiknya.”Adi jangan nakal dan bantu ibu dirumah ya…?
    Setelah tiba di Jakarta Nia bingung mau daftar dimana,karena dari rumah dia tidak punya tujuan mau kuliah apa.
    “Ya Allah, aku harus bagaimana? Dimana aku harus mendaftar kuliah”.Kata Nia pelan. Nia berjalan terus akhirnya dia bertemu dengan seorang cowok yang tidak ia kenal di halte bus.Cowok itu menyapanya…”selamat siang?lagi nunggu siapa dek?”.”siapa cowok manis itu…”gumam Nia.Nia kaget,karena dari tadi Nia memperhatikan cowok itu. “saya tidak menunggu tapi saya…saya mau daftar kuliah, terus saya tidak tau mau daftar dimana”. Jawab Nia dengan suara tersendat.”kenapa adek gak tau tempatnya?? Apa adek tidak mempersiapkan sejak sekolah dulu?”kata cowok itu lagi.
    “Dulu saya niat mau kuliah,tapi setelah bapak meninggal niat itu sudah musnah”. Jawab Nia dengan muka sedihnya.”maaf…jadi bapak adek sudah meninggal?kapan bapak adek meninggalnya?”kata cowok itu.” Bapak ku meninggal seminggu yang lalu…ibu menyuruh ku kuliah,jadi aku harus turuti perintah ibu…walaupun kayak gini jadinya”.Jawabnya.”By the way,siapa nama adek?”cowok itu menanyakan namanya.”saya Nia…mas sendiri?”Tanya Nia.”Nama saya Restu,senang sekali bisa bertemu dengan adek”.kata Restu.
    Mereka pergi meninggalkan tempat itu menuju tempat pendaftaran SNMPTN.”adek coba daftar disini,mudah-mudahan adek bisa masuk”.kata Restu.”ia…saya akan coba,tapi fakultas apa yang harus saya ambil?”Tanya Nia bingung.”memangnya adek dulu mau ambil fakultas apa?? Mas saranin, adek ambil jurusan yang sesuai dengan minat adek dulu”.kata Restu”.Kalau bapak masih hidup,aku pengen banget ambil jurusan kesehatan masyarakat,tapi sekarang gak mungkin karena biayanya sangat mahal”.Tegas Nia dengan wajahnya yang sedih.”Ok…sekarang adek coba dulu,kalau adek lulus SNMPTN biayanya gak begitu mahal,jadi adek harus bener-bener serius saat tes nanti”.Restu memberi saran pada Nia.”Baiklah…saya harus bisa!”kata Nia penuh semangat.
    Kemudian nia mengisi formulirnya,dia mengambil jurusan kesehatan masyarakat.tanpa sepengetahuan Nia,formulir itu diambil Restu dan dia mengisikan jurusan kedokteran juga.”adek mau tinggal dimana selama nunggu tes?”tanya Restu saat mereka makan siang.Nia bingung menjawabnya “aku gak tahu mas..,mungkin dikosan temanku”.
    “dimana kosanya? nanti mas antar.”Restu menawarkan bantuan.aku gak begitu paham,kata temanku gak jauh dari UNIVERSITAS INDONESIA”.jawabnya tidak yakin.
    “ok… nanti mas bantu nyari kosan temen adek.”kata Restu.
    Mereka mencari kosan temenya Nia,akhirnya mereka menemukan juga.Nia tinggal disana.Dia belajar sungguh-sungguh karena dia berharap bisa masuk di UNIVERSITAS INDONESIA.Universitas dambaan setiap orang dinegara Indonesia.Nia sudah selesai melaksanakan tes dan tibalah saat yang menegangkan bagi semua peserta SNMPTN.Restu juga sibuk membantu mencari hasil tes SNMPTN di internet.Dia senang banget,saat melihat nomor peserta Nia masuk.Nia masuk di jurusan kesehatan masyarakat dan kedokteran.”ini kabar baik buat nia “.kata Restu.
    “gimana hasil tesnya?’”Tanya putri temen Nia.”aku gak tahu…aku harap sie masuk”.jawab Nia yakin.Tiba-tiba HP nia berdering,ada pesan dari Restu.Isinya “dek..,mas bangga sama adek ,karena adek bisa membuktikan ke ibu adek ,kalau adek bisa lulus SNMPTN. Adek mau pilih yang mana?kesehatan masyarakat atau kedokteran?”
    Nia bahagia dan kaget,karena dia tidak mengambil kedokteran,tapi kenapa masuk?? akhirnya Mereka bertemu dikampus.
    “Aku ga ambil kedokteran,tapi kenapa bisa masuk mas??”kata Nia ke Restu.”maafin mas …yang ngisi formulir pilihan jurusan mas,karena mas ingin adek satu fakultas dengan mas,biar mas bisa jagain adek disini,..adek kan disini gak ada saudara”.kata Restu.”jadi….mas kuliah disini?!”Tanya Nia.”Iya…mas kuliah disini, mas ngambil fakultas kedokteran dan sekarang mas semester tujuh”.jawab Restu.”kenapa mas ga bilang dari dulu,kenapa mas bilang samaku kalau mas Cuma kerja disini??”Nia agak kecewa.
    ‘mas disini kerja sekaligus kuliah….nasib mas lebih pahit daripada adek. Mas anak yatim piatu.dari dulu mas selalu mandiri,karena ketabahan dan kesabaran mas,mas bisa kuliah dan bekerja”.Restu memberi penjelasan pada Nia. Tanpa disadari Nia menangis dia ingat bapaknya yang sudah meninggal. Restu gak peduli,dia melanjutkan ceritanya.”Ibu mas meninggal ketika umur mas masih 6 tahun.saat itu mas yang mengurusi pekerjaan rumah.walaupun mas anak terakhir tapi mas tetap mandiri.saat mas kelas 6 SD bapak meninggal.jadi mas dan kakak-kakak mas hidup hanya bertiga.Mas punya tekad untuk merubah .Akhirnya sekarang mas bisa merasakan perubahan hidup ini walaupun belum semua.Restu mengakhiri pembicaraannya.”maafin aku mas.. ternyata hidup mas lebih pahit daripada hidupku”.kata Nia dengan rasa penyesalannya.”tapi biaya kedokteran sangat mahal mas..,gimana caranya aku dapat membayarnya?”Tanya Nia lagi.”adek bisa minta sedikit dari ibu,yang lainnya mas akan bantu adek”.kata Restu.”Adek jangan khawatir,mas ada tabungan sediki, mudah-mudahan bisa digunakan untuk bantu adek”.kata Restu.
    “Mas sangat baik dengan aku,aku ga mau ngerepotin mas..“.Nia menolak bantuan Restu. “Adek jangan merasa ga enak,mas sudah kerja bantu dokter dikliniknya.jadi mas punya simpanan cukup,jadi adek jangan khawatir”.Restu memberi penjelasan ke Nia. “Terimakasih sebelumnya….aku janji akan bantu mas,aku juga pengen banget bisa kerja kayak mas”.kata Nia.”Baiklah….”Restu tersenyum.
    Dari sinilah Restu dan Nia memiliki perasaan yang sama.Mereka merasa cocok karena keadaan mereka juga sama. Nia kuliahdengan semangat,ibunya sangat bangga karena anak pertamanya bisa kuliah diUniversitas Indonesia dengan mengambil fakultas kedokteran. Bahkan dia tidak meminta biaya pada ibunya,karena dia sambil bekerja diklinik dengan Restu.Setiap bulannya dia selalu mengirim sebagian gajinya untuk ibu dan adik-adiknya.
    Saat penyusunan skripsi,dia pulang kerumah,sampai dirumah dia memeluk ibunya.”ibu…ibu baik-baik aja kan?”Tanya Nia pada ibunya.”Ibu baik-baik aja….kamu sekarang terlihat cantik dan dewasa nak..”.Kata ibu memuji Nia.”Ibu jangan memuji Nia terlalu berlebihan”.jawab Nia malu.
    “Mana cowok kamu yang pernah kamu certain keibu?siapa namanya”?tanya ibu.Dia penasaran dengan teman cowok anaknya.”o….namanya Restu Bu..dia sudah lulus dan sekarang dia tugas diBogor”.Jawab Nia. ”Jadi kamu tidak pernah ketemu?”Tanya ibunya lagi.Nia menjawab”Iya bu..,kami jarang ketemu.tapi komunikasi melalui HP tetap ada kok Bu…”.
    Nia menikmati liburannya dirumah dengan ibu dan adik-adiknya.Dia sangat bahagia melihat perubahan pada keluarganya sejak dia kuliah di fakultas kedokteran, ibunya semakin bangga dengan putri satu-satunya.
    Akhirnya dia pulang kejakarta.tiba di Jakarta dia menyelesaikan skripsinya.sebelum pelaksanaan sidang,Restu menemui Nia.”kapan datang ke Jakarta mas?kok gak kasih tahu aku”?tanya nia.”Tadi jam 9.mas mau buat kejutan buat adek….”jawabnya santai.”sebenarya mas datang ke Jakarta mau mengatakan sesuatu…..”ucapanya di potong nia.”Mas mau bilang,kalau mas cinta sama adek,mas pingin adek jadi pendamping mas nanti”? Restu menyatakan cintanya pada Nia yang sudah hampir 5 tahun terpendam.”muka Nia berubah merah.ternyata cinta yang selama ini dia miliki tidak sia-sia. adek juga cinta sama mas sejak pertama aku ketemu mas“.balas Nia malu-malu.”kenapa,adek gak bilang sama mas dari dulu “?kata Restu.Nia menjawab.”karna aku bukan tipe cewek yang agresif.
    “uhh..…..mas tahu gini,dari dulu bilangnya,lihat mas!! 5 tahun menuggu badan mas jadi kurus.”kata Restu.”bukan karena nunggu aku ,tapi makanya yang kurang”.Nia mengejek Restu.
    Setelah Nia menerima cinta Restu,dia kembali ke Bogor lagi.Sebelum dia pergi dia berkata pada nia “hati-hati disini.jaga diri baik-baik.pesan Restu.”mas akan datang di hari wisuda adek dengan orang tua mas .”kata Restu.”iya….mas hati-hati juga disana.”pesan Nia”.
    Acara wisuda tiba ,Nia sudah mempersiapkan semuanya.karena hari ini dia akan dinobatkan menjadi seoarang Sarjana Kedokteran. ”Bu.. kenapa mas Restu belum juga datang ya”?tanya Nia pada ibunya.
    Ibunya menjawab dia mungkin masih dijalan”.Acara wisuda telah selesai,Nia khawatir,kenapa mas Restu belum dating juga.”tuhan lindungilah dia”.nia selalu berdoa.tiba-tiba HP-nya berbunyi.
    “Apa…..!!!!Nia menjerit.
    Kemudian dia tak sadarkan diri.lalu orang-orang membantu mengangkat Nia ke tempat lain.Innalillaha wainnailaihi rojiun.”bibir ibuny Nia gemetar mengucap lafadz itu.Saat upacara pemakaman banyak temen Restu dan Nia yang hadir.Nia sudah tak bisa menahan kesedihanya.Dia pingsan lagi. Satu minggu sudah berlalu,Nia tak bisa melupakan Restu,seseorang yang dia cinta,kini dia telah pergi untuk selama-lamanya.
    “mas Restu,aku akan menggantikan tugas mas di daerah itu.dan aku akan selalu ingat dirimu selamanya………

    miss kemampuan saya dalam menulis cerpenhanya seperti ini, masukan dari miss sangat saya harapkan.trimakasih.

    Like this

    • Saya sudah baca. tetaplah menulis. TIdak apa-apa ini dimuat dalam majalahmu. Saya belum memberi banyak komentar. Yang penting alur ceritanya sudah ada. Yang lain-lain nanti dengan sendirinya akan menjadi lebih baik. Banyk-banyaklah membaca cerpen lain dari majalah atau koran.

      Like this

  18. chacha said:

    miss,
    selain harus memasukkan 2 features dan 2 straight news bagi tiap anggota,
    apa saja yang harus dimuat dalam majalah kami?

    trima kasiih.,

    Like this

    • Lho kan sudah saya bahas di kelas. Selain dua itu ada banyak rubrik pilihan. Kalau kamu tidak masuk pada sasat saya bahas, tanya temanmu yang masuk. Terlalu panjang dibahas di sini.

      Like this

  19. Sondang Elisana Febri said:

    Sondang Elisana Febri (S1-2DE)
    Straight News
    GEBYAR TEKNOKRAT 2010

    Bandar Lampung – Perguruan Tinggi Teknokrat terus berusaha menggali kreativitas dan meningkatkan kompetensi mahasiswa. Berbagai kegiatan diselenggarakan sebagai ajang berkspresi bagi mahasiswa-mahasiswi Teknokrat. Salah satu dari kegiatan tersebut adalah acara Gebyar Teknokrat yang merupakan rangkaian dari kegiatan Teknokrat Festival 2010. Gebyar Teknokrat diselenggarakan tahunan yang digelar mulai awal Januari hingga akhir Mei.
    Perguruan Tinggi Teknokrat memiliki acara tahunan yang terangkai dalam kegiatan yang dinamakan Teknokrat Festival. Peserta yang berpartisipasi dalam kegiatan ini bukan hanya mahasiswa-mahasiswi Teknokrat, melainkan juga siswa-siswi SMA/SMK/MA se-Propinsi Lampung. Kegiatan-kegiatan yang diperuntukkan bagi siswa/siswi SMA/SMK/MA adalah Seminar Information Communication and Technology, Scientific Seminar, Festival Musik, Pentas Islami, Teknokrat English Competition, Teknokrat Computer Competition, dan Bunkasai. Sedangkan kegiatan yang digelar untuk para mahasiswa Teknokrat yakni Gebyar STMIK, AMIK, STBA, dan Brotherhood LPBM.
    Acara Gebyar Teknokrat diselenggarakan di lapangan parkir kampus Teknokrat. Kegiatan Gebyar Teknokrat dibuka oleh Wali Kota Bandarlampung, Drs. H. Eddy Sutrisno, M.Pd., didampingi oleh Ketua Yayasan Pendidikan Teknokrat, Dr. (cand) H. Mahathir Muhammad, S.E., M.M. dan Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat, Dr. H.M. Nasrullah Yusuf, S.E., M.B.A. Dalam kesempatan tersebut Wali Kota Bandarlampung juga melepas tim robot Teknokrat untuk mengikuti ajang Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Cerdas Indonesia (KRCI), dan Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI). Selain itu, beliau juga melepas tim Roket Teknokrat untuk mengikuti Kontes Roket Indonesia (KORINDO) ke tingkat nasional.
    Dalam kesempatan itu, Wali Kota Bandar Lampung juga memberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi Teknokrat. Penghargaan tersebut diberikan kepada mahasiswa yang telah meraih prestasi dalam ajang Kompetisi Bahasa Inggris Tingkat Nasional 14th E-Comp 2010 ALSA (English Competition Asean Law Student Association) dan Kompetisi Debat Tingkat Kopertis Wilayah II yaitu NUEDC (National University English Debating Championship). Dalam sambutannya, Wali Kota Bandar Lampung mengungkapkan rasa bangganya terhadap mahasiswa Teknokrat yang selalu meraih prestasi baik di tingkat lokal maupun nasional.
    Gebyar Teknokrat memiliki rangkaian perlombaan antar mahasiswa baik dibidang akademik dan non akademik. Dalam kegiatan ini dipilih pula Putra dan Putri STMIK-AMIK-STBA, dan Prince & Princess LPBM Teknokrat. Ketika acara pembukaan Gebyar Teknokrat, kemeriahan sangat terasa sejak memasuki halaman Perguruan Tinggi Teknokrat sampai ke arena panggung. Berbagai seni hasil karya mahasiswa Perguruan Teknokrat ditampilkan diatas panggung.

    Like this

  20. Sondang Elisana Febri said:

    Sondang Elisana Febri (S1-2DE)
    Straight News

    TEKNOKRAT FESTIVAL
    Bandar Lampung – Kompetensi dan kreativitas mahasiswa Teknokrat terlihat dalam acara Teknokrat Festival yang menutup seluruh rangkaian acara tahunan yang diadakan Perguruan Tinggi teknokrat. Dalam acara tersebut, berbagai macam seni hasil karya mahasiswa-mahasiswi Perguruan Tinggi Teknokrat ditampilkan. Acara ini digelar dihalaman parkir Perguruan Tinggi Teknokrat.
    Dalam rangka menutup rangkaian acara tahunan, maka pada hari Sabtu, 8 Mei 2010, Perguruan Tinggi Teknokrat melaksanakan acara Teknokrat Festival 2010. Teknokrat Festival 2010 merupakan acara puncak dari rangkaian acara tahunan yang dilaksanakan sejak tanggal 20 Januari 2010. Acara ini dihadiri oleh Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat, Bapak DR. (Can) H.M. Nasrullah Yusuf, S.E, M.B.A., dan Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Teknokrat, H. Mahathir Muhammad, S.E, M.M, dan seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat dari seluruh jurusan baik STMIK, AMIK, maupun STBA. Gubernur Propinsi Lampung yang berhalangan hadir dalam acara tersebut diwakili oleh salah satu representatif dari Kantor gubernur.
    Pada tahun ini, Tema yang diangkat dalam Teknokrat Festival adalah Partnership for marvelous achievements, Friendship for Virtuous. Acara Teknokrat Festival 2010 dibuka oleh Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat, Bapak DR. (Can) H.M. Nasrullah Yusuf, S.E, M.B.A. Dalam sambutan yang disampaikan oleh Bapak Nasrullah Yusuf, ia mengucapkan selamat kepada seluruh pemenang dari seluruh lomba yang telah diadakan, serta kepada para peserta dan juara lomba Bahasa Inggris dalam ajang perlombaan bergengsi, Asean Law Student Association (ALSA). Ia pun memberi motivasi kepada seluruh peserta dalam acara tersebut. Ia mengatakan, semua orang dapat menjadi pemimpin, tapi tidak semua orang dapat menjadi pemimpin yang baik. Orang tersebut belum tentu orang yang pandai secara intelektual. Hanya orang yang mau mengembangkan kemampuannya yang dapat menjadi pemimpin yang baik. Setelah penyampaian sambutan oleh Ketua Perguruan Tinggi Teknokrat, acara Teknokrat Festival dibuka oleh Bapak Nasrullah Yusuf, ditandai dengan pemukulan gong.
    Teknokrat Festival 2010 diisi dengan berbagai pertunjukan yang dihasilkan oleh kreativitas para mahasiswa Perguruan Tinggi Teknokrat. Pertunjukan-pertunjukan tersebut antara lain Teaterikal bertema “Angels VS Demons” yang juga membuka seluruh rangkaian pertunjukan teaterikal, penampilan dari seluruh pemenang lomba Band dan Solo Song, Modern Dance, penampilan Prince and Prince dari STMIK, AMIK, dan STBA, Pantonim, dan seterusnya. Acara berakhri pada pukul 20.00 dengan ditutup oeh paduan suara para kontestan Singing dan diakhiri dengan penyalaan kembang api.

    Like this

    • Sondang, tentang gebyar Teknokrat dan Festival Teknokrat (ingat tata kalimat bahasa Indonesia adalah MD bukan DM spt dalam bahasa Inggris) rasanya saya sudah memberi beberapa tanggapan karena straight ini sudah lebih dulu di-post oleh teman-temanmu di page studentbook ini. Coba cermati. Saya tidak usah mengulang lagi ya ? Perhatikan penulisan terutama EYD dan struktur kalimat. Judul dalam straight news selalu apa + mengapa, misal : M. Mahathir Mohammad Buka Gebyar Teknokrat 2010. dst.

      Like this

  21. yena novalia said:

    miss. vero majalah tugas tersebut dijilid seperti peper presentasi atau seperti majalah yang biasa kita temukan…

    Like this

  22. Sri suparti said:

    Ass.. mis vero? saya mau tanya kalau dalam satu majalah ada dua berita topiknya sama. boleh tidak miss. Trimakasih mis, tas tanggapannya.

    Like this

  23. yena novalia said:

    soalnya kata anak kelas lain dijilid biasa ms..

    Like this

    • ya kamu lihat contoh yang sudah ada. Saya nggak tahu maksud kamu yang kayak majalah atau paper itu seperti apa. Maksud saya dijild dengan cover depan menarik. mana yang lebih baik sajalah. Kalau covernya tipis seperti majalah betulan nanti malah gampang rusak.

      Like this

  24. yena novalia said:

    makasih ya miss. selamat bertugas

    Like this

  25. Erawati Takim said:

    Seketika itu kau datang
    Beriku banyak harapan
    Katakan hal-hal yang paling ingin kudengar
    Berikan banyak perhatian dan sayang
    Ajakku terbang melayang
    Bawaku menyelam jauh dalam cinta
    Tapi aku terjatuh dari ketinggian
    Dan aku hanyut lalu tenggelam
    Kau pun hilang tanpa kabar
    Buatku tak tenang…
    Bukannya aku marah
    Bukannya aku tak tahu diri
    Kutahu ku bukan siapa-siapamu
    Tapi kau beriku harapan itu
    Lalu kau ambil lagi dengan paksa
    Tak rela kulepas dirimi
    Sakit hati ini mengingatnya
    Semua indah yang pernah ada
    Kini tinggal luka yang membusuk

    Like this

  26. Erawati Takim said:

    Penantian ini
    Takkan pernah mati
    Walau ku tahu
    Kau takkan kunjung mengerti
    Apa yg kurasakan dalam hati
    Akan terus kubawa
    Sampai saatnya
    Dimana waktu memaksaku berhenti…

    Like this

  27. Erawati Takim said:

    Aku berharap
    Dapat merobek
    Hati yg suka padamu
    Dan tak mau berpaling ini
    Semudah aku merobek selembar kertas
    Agar aku dapat melupakanmu
    Lupa akan suka ini
    Tapi…
    Hatiku berlembar2
    Dan semuany penuh denganmu
    Aku pun tak bisa merobeknya
    Dan sampai kapanpun
    Tak bisa kulupakan
    Rasa sukaku ini…

    Like this

  28. Erawati Takim said:

    Jika cinta yg kau harap
    Dan tak bs kuberikan
    Maka kau kurelakan pergi
    Jika cinta yg kau harap
    Tak bs kuberikan
    Maka kau kurelakan mencari cinta lain
    Berharap hati dpt memberi cinta
    Namun hati ini tak pny cinta
    Dan kau kurelakan menjauh

    Like this

  29. Erawati Takim said:

    Bila keberadaanku membuat mereka yg kusayang tak senang.
    Maka lebih baik aku pergi.
    Bila keberadaanku membuat mereka yg kusayang sedih.
    Maka lebih baik aku menghilang.
    Bila keberadaanku membuat mereka yg kusayang marah.
    Maka lebih baik aku lenyap.
    Bila keberadaanku membuat mereka yg kusayang susah.
    Maka lebih baik aku hancur.
    Bila keberadaanku membuat mereka yg kusayang sengsara.
    Maka lebih baik aku mati.

    Like this

  30. miss, qlo personality profile featurenya dalam format tanya jawab saja blh gak, bkn dlm bntuk karangan….
    trims,

    Like this

  31. yena novalia said:

    Butir beras, tempatku hidup

    Hasil dangangan yang tak menentu, tapi cukup untuk hidup sehari-hari bersama keluarga..
    Dengan rupiah yang tak seberapa didapat Ia tetap tabah dan terus berdagang. Walau pulang dengan kelelahan Wagini tetap tak pernah patah arang. Agar keluarga bisa tetap terpuaskan.

    Oleh: yena novalia

    S
    unyi hari ketika semua orang terlelap tidur, ketika semua orang bergulat dalam dinginnya malam. Ia terbangun dalam lelap. Wanita setengah baya yang sering dipanggil bibik itu,Wagini namanya.kini usia nya baru mengginjak 45 tahun, Ia masih terlihat gagah mengarunggi hidup yang keras ini. Wanita dengan sepasang anak dan satu cucu laki-laki yang lucu ini sejak kecil memang suka bekerja. “Dari usia 7 tahun Mbak saya sudah dagang, biasanya si kemplang dan pem-pek, maklum masih kecil jadi jualannya juga kecil-kecilan,” ujar wanita yang selalu menggerakkan tanggannya ini jika berbicara.
    Ia harus bangun jam 01. 30 malam untuk menyiapkan semua yang akan membantunya hidup. Ia menanak nasi dan menggoreng beberapa makanan ringan untuk danganngannya hari ini. Pagi ini Ia harus berdagang untuk makan sehari-hari, biasanya Ia menggelar dagangannya didepan SDN 2 Labuhan Ratu,Kecamatan Kedaton. Dari 5.30, Ia telah siap dengan aneka makanan didepannya, dan menu spesial dangangannya adalah nasi uduk. “ Pelanggan pertama saya setiap pagi selalu pegawai dari Teknokrat, mereka sering membeli disini, kadang mereka sudah menunggu sebelum saya datang,” ujar Wagini.
    Ia akan pulang kerumah pukul 10.30 dan itu pun belum tentu semua dangangannya habis, padahal Ia hanya membuat sedikit, karena anak kelas 6 yang sangat menggemari nasi uduk buatannya sudah libur setelah UAN(Ujian Akhir Nasiona), sedang yang lainnya tidak begitu suka jajan. Apalagi kalau guru senior mereka melarang mereka keluar pagar untuk jajan, Wagini bisa pulang hanya dengan beberapa ribu ditangan saja. Dan semua makanan yang tidak laku itu akan Ia bagikan kepada tetangga disekitar rumahnya.
    Walau mata tua itu terlihat sayu menandakan Ia telah lelah dan sudah waktunya bersantai bersama cucu dirumah, tapi tetap Ia berdagang, “Gak enak Mbak dirumah, orang kalau anak-anak pada libur, saya kan juga libur, bosen bener dirumah, gimana ya mbak memang udah jiwanya dangang, jadi gak enak kalau gak dagang,” ujarnya yang telah 3 tahun ini berdagang didepan SDN 2 labuhan Ratu. Sebelumnya Ia berdagang di SMP PGRI 4 gang PU, Kedaton, ia berdangan didepan SDN 2 Labuhan Ratu untuk menggantikan ibunya yang mulai sakit-sakitan itu.
    5 tahun sebelum berdagang di SDN 2, Ia tinggal di rumah penjaga sekolah SMP PGRI 4, walau dengan gaji 40rb perbulannya. Namun sudah 3 tahun ini Ia tinggal bersama ibunya tidak jauh dari SMP tersebut. Itu pun karena kakaknya yang tinggal bersama ibunya pindah. Anak ke7 dari 7 bersaudara ini, selalu memjadi tempat ibunya mengadu, padahal dilihat dari segi materi, Ia jauh dari kakak-kakaknya yang hidup berkecukupan. Tapi Ia selalu ingin membahagiakan ibunya, untunglah semenjak berdagang di SDN 2 Labuhan Ratu, penghasilannya lumayan dibanding waktu di SMP pGRI 4 dulu. Dari uang itulah Ia bisa membawa ibunya ke puskesmas(pusat kesehatan masyarakat).
    Uang hasil dagangnya selain untuk berobat ibunya, Ia pergunakan untuk biaya PP(pulang pergi) PKL anak bungsunya di Depnaker selama 28 hari itu. 10rb adalah uang yang tidak seberapa untuk orang-orang berada, tapi untuk Wagini harus memeras keringat dulu untuk memdapatkannya. “Syukur pada Tuhan ,anak saya selesai juga PKL dan sekarang sudah bisa kerja dan cari uang sendiri,” ujarnya dengan senyum simpul.
    Walau diusia yang sudah tak muda lagi Wagini tetap bahagia dan tersenyum senang dengan semua yang telah Tuhan berikan padanya. Ia rela bangun petang untuk biaya sekolah anaknya dan pengobatan ibunya, karena tak mungkin Ia mengandalkan gaji suaminya yang hanya buruh bangunan yang tak menentu itu. Jadi tak berlebihan juka saya menyebutnya , Wagini adalah “Sang perkasa”.

    Like this

  32. Yena Novalia said:

    salam hangat dr yena…
    apa kabar Ms.
    bagaimana kabarnya Ms. Vero?

    Like this

  33. Yena Novalia said:

    Alhamdlh ms. nilai yena bagus.. tp msh ada 1 yg dpt C ms. makasih ya ms. sudah kasih yena nilai B..

    comen dong ms. majalah kami.. kalau ms. tidak sibuk

    Like this

  34. Yena Novalia said:

    ms. ada blog khusus dong ms. buat narok puisi2 atau cerpen karya mahasiswa.. yena mau ms. narak puisi2 Yena..

    boleh tidak ms..

    Like this

    • Saya juga pernah terpikir untuk buat blog semacam itu. Tapi belum ketemu solusinya. kan harus ada yang jaga “gawang”. Nggak bisa “free cencored” gitu saja. Siapa mau tombok (ya waktu ya uang) ke warnet, sementara hotspot di kampus tidak terlalu bisa diandalkan ? nantilah kita pikirkan sama-sama kalau memang tertarik

      Like this

  35. Yena Novalia said:

    okay deh kalau begitu ms.

    Like this

  36. Riza Fauziansyah said:

    ketika kita mulai menapaki kedewasaan atas apa yg telah dilalui,seperti menapak di atas tanah berlubang yg tertutup dedaunan,jika tak hati2 melangkah hilanglah sudah kedewasaan itu dan kita harus memulai dari awal kembali,

    ini game,permainan,

    yg kuat dan mampu bertahan lah yg akan menang,sayang nya ketika saya mencoba menapaki jalan ini,saya pernah terperosok dan kehilangan,hingga saya harus mengulangnya dari awal dengan judul KESENDIRIAN . . .

    saya sebuah sekoci di tengah laut,terombang ambing ombak tiada arah,sekoci tua yg kayunya telah lapuk,itulah saya,karna saya bukan orang kaya,jika saya orang kaya,tentulah dari dulu saya mengharapkan hidup normal seperti anak pria pada umumnya yg sebaya dengan saya,

    memiliki keluarga harmonis,tak perlu memikirkan bagaimana mencari sesuap makan,bersekolah di sekolah elite,memiliki tunggangan yg setia menemani kemanapun pergi,bercinta dengan beberapa wanita,memiliki sahabat dimana2 seperti layaknya anak gaul yg senang berkeliaran,

    tapi saya.?

    ketika bangun pagi hari,”terimakasih Tuhan”,saya berdiam diri menatap langit2 kamar yg mulai kusam,makan apa ya hari ini.?

    apa mama pulang membawa makanan.?

    dan ketika mama pulang hanya membawa wajah menyesal,dengan berpura2 kuat saya berkata “tak apa ma,saya masih kenyang makan semalam . . .”

    ketika mulai lepas bangku SMA,teman2 saya sibuk mencari universitas yg elite,yg terkenal dan berkualitas,dan dengan bodohnya saya mengikuti jejak2 mereka,tanpa saya ketahui itu menyakiti hati saya sendiri karna tentunya saya tak memiliki banyak biaya,maka berfikirlah saya bagaimana caranya dapat kuliah gratis,

    dan ketika saya tak dapat menunaikan harapan keluarga agar saya bisa kuliah disini dan disitu,agar keluarga tidak ada beban karna saya,saya tak mampu memandang siapa2,termasuk diri saya sendiri di depan cermin,

    getir rasanya ketika saya menepuk pundak ini yg belum mampu berdiri tegap,belum mampu menopang beban keluarga,saya berkhayal saya dapat berkata “mama gk usah kerja lagi ya,gaji saya cukup kok untuk keluarga kita . .” ya Rabb,indahnya ketika saya bisa sampai di masa itu,

    saya masih bermimpi,

    suatu hari . .

    saya mengenang hari2 yg saya lewati di tahun ini,jujur saja tahun ini terasa berat sekali untuk saya lewati,begitu banyak batu cobaan yg di lemparkan pada saya,ketika kakak saya yg selama ini menjadi tulang punggung keluarga terserang penyakit,ketika semua harapan tak sesuai kenyataan,sampai ketika harus berbuka puasa hanya dengan nasi dan telor dadar yg dibagi tiga,itu menyakitkan bukan.?

    tapi saya tetap bersyukur “alhamdulilah . . .” sabda Rasul mengingatkan saya,jika kita masih bisa makan sore ini dan esok pagi kita adalah tergolong orang yg kaya,indahnya ajaran islam dihidup saya . .

    “KETIKA MIMPIMU YG BEGITU INDAH TAK PERNAH TERWUJUD YA SUDAHLAH,SAAT KAU BERLARI MENGEJAR ANGAN MU DAN TAK PERNAH SAMPAI YA SUDAH LAH . .”

    lagu bondan tsb sangat menyejukkan saya,ustad di masjid dekat rumah saya pernah berkata : slalu lah bersifat Qonaah,merasa cukup atas apa saja yg diberikan Allah,bukan tdk boleh bermimpi dan berharap,karna boleh saja kita berusaha keras berjuang meraih mimpi2 kita,tetapi ketika semua itu tak pernah sampai,jangan pernah menyalahkan siapa2,karna itu tetapan rejeki Allah . .”

    dan hari ini,

    saya duduk di ruang tamu rumah saya yg menurut saya nyaman,mensyukuri nikmat Allah yg telah diberi pd saya hingga detik ini dan mulai mengetik kata2 yg hanya sebagai ungkapan saja,karna saya ingin berbagi,

    tetapi lagi2 saya bukan orang kaya,komputer ini hanya titipan Tuhan,

    dan saya mempergunakannya untuk menyampaikan isi hati saya pad siapa saja yg mau meluangkan waktu membacanya,

    saya berjanji,

    saya : “SEKOCI TUA” akan tetap berusaha mencapai daratan meski terpanggang matahari yg seolah marah,tertabrak karang2 yg ramah,bahkan terombang ambing oleh ombak tiada arah,karna saya tau arah itu ada di hati saya,yaitu mimpi2 saya,harapan2 keluarga terhadap saya,

    maka saya akan sampai disana pd masanya . . .

    terimakasih untuk membaca . . . :))

    RIZA FAUZIANSYAH ( sekoci tua )

    Like this

  37. Riza Fauziansyah said:

    hanya sajak anak kecil,

    hanya rong-rongan anak manja ketika keinginannya tak terpenuhi,

    itulah gambaran catatan ini . . .

    tak berirama,seperti diriku yg ketika itu bak dawai gitar yg saat dipetik bernada sumbang,

    tapi saya tak kenal kata malu,

    tangan saya terus menari-nari menulis kata-kata yg membuat mata perih ketika membacanya,

    suatu hari saya terbangun dari tidur,

    “ma,minggu depan lebaran.?”

    “lantas kenapa.?” berlagak polos pula ibu ini,

    “bajuku usang sekali . .”

    tersenyum,ibu tersenyum,

    “doalah nak,kita dapat uang banyak,nanti sepulang kerja kita beli macam apapun baju yg kau ingin beli,”

    “benar ma.?”

    “iya . . .”

    tak pernah saya meragukan satu huruf yg berselancar dari lidah mama,maka bergegas saya keluar kamar menyambar anduk lalu menutup pintu kamar mandi,

    belum lah pula melepas pakaian dibadan,bibir saya tak bisa berhenti tersenyum,saya berfikir : hmm,tahun ini saya tak perlu malu keluar rumah,saya akan punya baju baru,,BAJU BARU.!

    “mama berangkat dulu . .”

    ah mama,tak pahamkah anaknya sedang berkhayal disini.?

    “iya ma,cepat pulang . . .”

    cepat pula saya menuntaskan memandikan badan dekil ini,

    ………………….

    …………………..

    2jam dari jam pulang mama,kemana.? kenapa belum sampai.?

    saya melongok ke cermin,tersenyum sendiri,

    wah baju yg saya kenakan adalah baju lebaran 3 tahun lalu,baju terbaik di lemari reot saya . . .

    masih bagus,walau warnanya sedikit pudar,

    hmm,ayolah ma pulang,tak kau lihatkah anakmu begitu tampan bagai artis terkenal . . .

    “assalamualaikum . ..”

    “ma ayolah kit . . . a . . kenapa pula ma.?”

    saya lihat lebam-lebam tubuh mama,

    “mama di pasar tidak dapat uang,dagangan ini tidak laku,lantas mama berfikir untuk brkeliling menjajakan dagangan mama,tapi mama terserempet motor,uang tak dapat,daganganpun hancur semua,”

    saya diam,

    setelah mengambil air hangat dan handuk kecil saya kompres luka mama,

    “kenapa kau diam.? kecewa kah.?”

    “tidak . .. ” hanya itu yg keluar dari mulut bodoh ini,

    “kenapa kau pakai baju bagus mu.?” “hanya ingin mencoba,takut sudah tak cukup lagi” bohong,

    dialog selesai,

    saya berjalan masuk ke kamar,dan saya tak tau apa yg dilakukan mama di ruang tamu yg sumpek itu,

    rasanya sesak dada saya,terbayang sorotan sinis teman2 ketika tahun kemarin saya berangkat solat id dengan baju penuh tambalan dimana2,ingin saya lempar kepala mereka dengan batu karang,

    mata saya panas,mengapa pula saya menangis.? tak saya hargai kah usaha mama,ah dunia gelap sekali,tak ada kah tetesan sayang tahun ini.? benar2 gulita,saya tertidur . .

    hari menjelang magrib ketika saya bangun,tak saya jumpai mama di dapur,hanya tempe goreng,kerupuk dan sambal untuk berbuka puasa,dimana mama.?

    terdengar derik – derik mesin jahit tua punya mama,benar mama disana,membuat sesuatu,saya hampiri,

    “sedang apa.?” “ini . .” mama memberi sebuah baju,bagus meski tampak ada sedikit bercak di kerahnya . .

    “ini baju papa mu dulu ketika masih ada,baju kesayangannya,kau sudah besar,jadi mama kecilkan sedikit baju papa mu,dan mama kira segini cukup,cobalah . .”

    saya lihat gambarannya di depan cermin,hmm,bagus,saya tampak gagah,bak melihat papa di diri saya sendiri,

    “kau persis papa mu,”

    saya berlari ke kamar,mengobrak abrik kasur saya hingg paling bawah,dan saya menemukannya,sebuah jilbab yg saya beli dengan uang hasil mengamen sebulan,saya hampiri kembali mama,”ini,pakailah . .” “darimana kau . .” “sudah pakai saja ma,”

    kami saling pandang,mama dengan jilbab barunya,saya dengan baju baru papa,

    tebayang oleh saya sorotan sinis teman2,bukan lagi karna tambalan di baju saya,tapi karna saya tampak lebih tampan dan gagah dari mereka,

    “JADILAH KITA LEBARAN TAHUN INI MA . . .”

    ha ha ha ha . . ..

    ini cukup,cukup hanya saya dan mama . . .

    -the end-

    Like this

  38. atma tri hidayati said:

    Life goes on.. yeah itulah yang sering dikatakan oleh semua orang, biasanya ketika mereka sedang memberi suatu nasihat. Tapi, tetap saja itu tidak bisa membantu masalah kita. Haaaah… hidup itu aneh sekali, benar-benar seperti panggung sandiwara saja.

    TEEENG! TEEENG! TEEENG!
    Ooops aku terlalu banyak melamun nie, jam besar sudah berbunyi 8 kali saatnya semua masuk ke kelas (yaah itu julukan untuk jam yang terpasang di dinding sekolah). Pagi ini semua begitu sibuk, seperti biasanya sangat ramai seakan – akan pasar murah pindah kemari. Sangat mengherankan, dengan julukan yang diberikan untuk sekolah ini, sekolah unggulan dan terfavorit. SMA RIEYAMA.

    Banyak yang bilang, masuk sekolah ini sangat susah, bisa lulus dari test masuk sekolah ini begitu beruntung dan sangat hebat, hanya anak yang pintar saja yang bisa masuk. Kenyataannya, banyak juga yang melalui jalur khusus, you know what i mean..

    Oh ya, nama gue Reliya Kartika Aprilia, tapi banyak temen-temen gue manggil gue Lia, simple kan? Sekarang gue anak kelas X.1 di SMA RIEYAMA. Gue cukup happy, disini gue banyak temen yang baik, walau ada juga anak-anak yang hanya bisa membanggakan harta orang tua mereka saja. Kalau semua anak baik, hidup di SMA jadi gak berarti kan??!

    ”Woooiii…!!!! Buruan masuk, guru killer dateeeng!!”
    Haah.. itu pasti suara cempreng dari Agus, bagus banget jadi mata-mata kelas.

    DRAP! DRAP! DRAP!
    Semua anak kelas X.1 masuk ke kelas, dan langsung diam seketika saat guru killer datang. Guru itu adalah pak Bambang, beliau mengajar Bahasa Indonesia.

    ”Assalammualaikum!”
    ”Walaaikumsalam waruhmatulahi wabbarokatuh!!!!”
    Semua anak kelas X.1 serentak menjawab.

    ”Pagi semuanya, sekarang kita akan membahas tentang lanjutan bahasan kita minggu lalu! Masih ada yang ingat?”

    ” Ya pak, tentang kalimat majemuk!!” jawab Abdul
    ” Ya, bagus Dul kamu masih ingat! Dan apakah kalian semua sudah mengerjakan tugasnya?” tanya Pak Bambang.
    ” Yaaaaaa…., Paaak !!!!” jawab serentak.

    Begitulah pelajaran bahasa Indonesia berlangsung seperti biasanya. Tapi, menurut temen-temen gue, itu adalah pelajaran paling membosankan. Kalo, buat gue sie, fine aja karena gue suka. Simple kan?

    Bel istirahat berbunyi, dan semua murid berhamburan keluar kelas. Ada yang ke kantin, ke kelas lain, dll. Gue juga keluar dong, menghirup udara lain, he..he..he..

    ” heyy guuuuyss!!! Main bola yuuk!!!!” teriak Martan.
    “ ok! Tan, loe yang ambil di kantor ya! Kan loe yang ngajak! ” jawab Rifki.
    ” gue tunggu di lapangan ya!” jawab Abdul
    “ yaah, kok jadi gue sie yang ambil bola di kantor?! Dasar loe semua, mau enaknya aja!”
    “yaaaa iyalaaah!!! Serentak mereka menjawab.
    “Yoooo, buru ya!!!!!” kata teriak Abdul sambil berlari.

    Aaaah, hari ini bosen banget, Abdul dkk kemana ya, tumben semuanya enggak ada di kelas. Oh ya, tadi Martan ngajak main bola, pasti ada di lapangan! Mungin lebih baik gue ke lapangan, lumayan untuk peregangan otot.

    “ Hei, adiknya Kalin ya?! Nama loe siapa?” tanya cowo aneh kelas XII.
    “ Ya, nama gue Lia! Kenapa dan loe mau apa ya?!”
    “ sori, gue lagi buru-buru!”
    Siapa sih ini cowok, males deh ketemu orang kayak begini.
    “ emangnya, loe mau kemana sie, kok buru-buru? Ngobrol dulu kenapa?!” Menghadang jalan.

    Ini yang membuat gue males banget, kalau ke lapangan harus melewati kelas XII. Pasti ada gangguan seperti ini.

    “permisi, gue mau lewat! Kalau enggak, loe gue hajar! Sambil menunjukkan tangan yang terkepal di depan wajahnya.
    “uuuuuuuu, takuuuuut! Sereeem!!!” sambil menyingkir.

    Uuuuuuuuh berisik banget. Ganggu waktu gue aja. Semenjak gue masuk SMA ini, semua anak kelas XII pada ribut. Mulai dari MOS sampai sekarang, selalu saja ada yang mengganggu. Susah, kalau ada kakak yang masih satu sekolah. Kakak gue Kalin sekarang kelas XII. IPA, gue anak ke dua dari empat bersaudara, banyak kan? So, gue punya dua adik, cewek and cowok.

    Pertama adik gue yang cewe namany Riechan ( hahaha maunya adek gue ja) tapi kalu orang rumah kadang-kadang manggil dia Ulil , karena waktu dia kecil,dia suka banget sama Ulil salah satu boneka punya kak Seto,dulu terkenal banget lho.. pasti pada tahu deh.. si Riechan ntu seneng banget sama kartun jepang.. apa ya namanya.. hm… oh iya anime. Suka banget sama jepang and punya cita-cita tinggal di jepang, dasar aneh. pastinya si Riri,nama panggilannya,suka maksa, mau menang sendiri, trus apa lagi yah.. ya begitulah walau kadang-kadang lucu juga kalu melihat face dia waktu makan dan dapat uang.. hahaha wajahnya langsung bersinar cling..cling..

    Trus adik gue yang kedua namany hafidz , panggilannya apit si sipit,cowo,tapi nakalnya minta ampun. Walau terkadang muncul juga sifat baiknya. Si Apit dulu anak yang gemuk, dam kulitnya putih banget.. orang-orang mengira dia mirip dengan BOBO HO lucu, dia dan gue dikira kayak orang cina lho, karena gue kan punya kulit yang putih. aduh kok jadi narsis ya?! tapi sekarang si Apit jadi hitem kayak klenteng, karena terlalu sering main di luar, gak ganteng lagi deh. Dia anak paling manja, coz dimanja oleh bude gue and kadang-kadang sama nyokap gue juga sih,eh.. kok gue malah cerita yang engggak-enggak lagi sih, gue kan mau ke lapangan,gue gak mau dong ketinggalan main bola.. gue kan paling suka banget main bola.

    ”yoooo, guys…!!!! ” Lia coming.. , gue boleh kan ikut main bareng?!”
    “woy…ya, tumben loe datang telat?! Ikut aja, tapi gue yakin loe gak bisa ambil bola ini dari kaki gue..!! jawab Sultan.
    “what? gue gak bisa, maksudnya? Never underestimate me ?!!!“
    “ gue pasti bisa rebut, ayolah..!! sambil mendekati sultan.
    “sudah, sudah, mau main bola gak nie, lama banget cincong na.! seru abdul dari dekat gawang.

    Bersambung…

    menurut miss, apa saja yang kurang dari cerita di atas?

    Like this

  39. ron paul said:

    Nice blog!!
    It’s good to find numerous useful info right here, thanks for sharing. . . . . .

    Like this

Leave comments please

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 47 other followers