Nasi Bakar Daun Mengkudu

Belakang rumahku dulu merupakan hamparan sawah yang di belah oleh sebuah sungai bening. Saat normal, maksudku, bukan musim hujan berkepanjangan seperti saat ini, lebar sungai itu hanya sekitar 3-4 meter saja. Sungai itu dangkal sehingga kita bias merasakan dasar sungainya yang merupakan batu hitam. Itu empat puluh tahun lalu.

Sekarang hamparan sawah itu telah menjadi pemukiman penduduk. Sungai itu menjadi kumuh. Orang membuang sampah atau mengalirkan limbah rumah tangga ke sana. Beberapa bagian tanah di sekitar sungai itu tak dapat dikeringkan, sehingga tak mungkin didiami. Di situ segala tanaman tumbuh liar, coklat, durian, bambu dsb.

Berbagai jenis perdu juga tumbuh di istu bercampur dengan rumput liar; tumbuhan yang biasa menjalar di pematang sawah atau tanah basah lainnya.

Sesekali aku ngadhem di situ ber- “solitude”.  Teduh rasanya batin ini mendengar gemercik air, cericit burung, dan merasakan sejuknya angin meniup daun-daun. Supaya tidak terlihat aneh di mata tetangga, maka kalau mereka tanya sedang apa aku di sana, biasanya aku membawa ember kecil dan cethok. “ Mencari tanah gembur untuk menanam bunga, “ kataku. Atau lain kali kujawab, “ Sedang mencari tanaman obat.”  Sekali ini aku tidak bohong. Di antara tanaman liar itu aku bisa menemukan kumis kucing, tapak dara, sidogori dan mengkudu, yang pasti banyak orang tahu apa khasiatnya.

Hari Minggu ini, aku sekali lagi menengok oase-ku itu.  Ada sebatang pohon mengkudu atau pace. Daun-daun mudanya menggugah selera. Mari kita mencoba resep nasi bakar istimewa a la veronikacloset. Begini :

Bahan-bahan:

  • Untuk bahan pokonya beras ¼ kg dan santan.
  • Untuk sayuran dan lauknya ; 10 lembar daun mengkudu, pilih yang masih muda ; teri medan
  • Untuk bumbu sayurannya : bawang putih, bawang merah, terasi, cabai hijau, sere, daun salam, garam.

Cara mengolahnya :

  1. Masak beras dengan santan, seperti membuat nasi uduk biasa.  Jangan lupa tambahkan sedikit garam dan daun salam, supaya sedap. Bisa juga beras dimasak tanpa santan (plain). Buat saja sesuai selera.
  2. Iris daun mengkudu tipis-tipis. Daun mengkudu berasa sedikit pahit dan langu. Jika ingin menawarkan rasa tersebut, setelah diiris diremas-remas dan direbus sebentar (tapi khasiatnya psti berkurang kan..?)
  3. Goreng teri medan.
  4. Haluskan bumbu, tumislah daun mengkudu dengan bumbu dan teri medan.
  5. Ambil  nasi matang yang masih hangat tadi seukuran  satu porsi makan. Isikan tumisan daun mengkudu di tengahnya. Padatkan seperti membuat lemper, lalu bungkus dengan daun pisang.
  6. Bakar di atas panggangan.

Catatan :

Jika suka, nasi bakar ini selain diisi tumis daun mengkudu bisa juga ditambahkan ayam goreng, jamur atau empal.

Silakan tulis komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s