MEDITASI : Sikap Tubuh

Pikiran dan tubuh saling berhubungan satu sama lain. Ada banyak petunjuk bagaimana sikap tubuh dalam meditasi. Berikut ini disebut posisi duduk tujuh titik.

Patung Budha dalam posisi lotus penuh / vajra

1. KAKI

Posisi terbaik adalah posisi vajra / teratai penuh : duduk bersila dengan kedua betis bersilang, telapak kaki mengahadap ke atas dan ditempatkan di atas paha kaki sisi lainnya. Posisi ini sulit bagi yang belum terbiasa. Cara lain adalah dengan posisi setengah teratai : telapak kaki kiri berada di atas lantai di bawah betis kanan dan telapak kaki kanan berada di atas paha kiri. Cara yang lebih sederhada lagi adalah duduk dengan posisi betis silang dengan kedua kaki terletak di atas lantai

2. LENGAN

Telapak tangan kita letakkan di atas pangkuan, kita-kira sedikit di bawah pusar, tangan kanan di atas yang kiri, telapak tangan menghadap ke atas, jari-jari lurus. Kedua telapak agak ditekuk sehingga kedua ibu jari membentuk segitiga. Lengan jangan merapat pada tubuh.

3.PUNGGUNG

Punggung tegak tetapi rileks, ini berguna agar energy mengalir bebas dan juga agar kita bisa bertahan untuk bermeditasi dalam jangka waktu yang lama.

4. MATA

Bagi pemula lebih mudah berkonsentrasi bila mata tertutup. Tetapi mata menutup cenderung membuat kita mengantuk dan berkhayal. Bila kita sudah cukup terlatih kita coba agar mata sedikit terbuka untuk masuknya sedikit cahaya.  Arahkan pandangan ke bawah.

5. RAHANG dan GIGI

Rahang harus di lemaskan. Ada sedikit jarak antara gigi atas dan bawah. Mulut juga harus rileks, bibir terkatup dengan lembut.

6. LIDAH

Ujung lidah menyentuh langit-langit mulut tepat di belakang gigi atas. Cara ini bertujuan  untuk mengurangi aliran ludah dan gerakan reflex menelan yang merupakan penghalang ketika konsentrasi kita sedang meningkat.

7. KEPALA

Leher agak ditekuk sedikit sehingga pandangan terarah pada lantai di depan kita. Jika kepala terlalu tinggi pikiran kita akan berkelana dan bila kepala terlalu rendah kita akan mengantuk.

posisi lotus atau teratai penuh

half lotus atau posisi setengah teratai

Posisi vajra atau teratai penuh

postur yoga berlutut

 

One thought on “MEDITASI : Sikap Tubuh

Silakan tulis komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s