MEDITASI : Kendala yang Dihadapi

  1. Resah dan Galau : bisa terjadi karena dua hal internal dan internal. Cara mengatasinya dengan mencoba konsentrasi pada nafas. Lihat latihan pertama. Perhatikan posisi tulang punggung dan kepala ( punggung tegak, kepala agak condong ke depan dan dagu sedikit mengarah ke dalam). Bila kepala terlalu tinggi pikiran cenderung berkelana. Kurangi cahaya di dalam ruangan.
  2. Mengantuk dan bosan : Bukalah mata setengah dan pandangan di arahkan ke lantai di depan kita. Bisa juga tambahkan cahaya. Bila masih terus mengantuk istirahatlah, basuh  muka dengan air dingin atau menghirup udara segar.
  3. Tubuh tidak Nyaman : kalau belum terbiasa posisi duduk kita bisa menimbulkan rasa tidak nyaman. Tetapi tubuh yang tidak nyaman berhubungan dengan pikiran yang resah. Baik kalau kita mengenali sumber keresahan ini. Bila tetap belum merasa nyaman gantilah posisi duduk. Ingat bahwa meditasi adalah aktivitas pikiran dan bukan terutama aktivitas badan.
  4. Suara : paling ideal adalah kita melaksanakan meditasi di tempat yang hening. Tetapi tidak realistis jika kita selalu berharap pada situasi ideal. Cara mengatasinya dengan menyadari apa yang berlangsung di dalam pikiran kita, waspada pada suara tersebut tetapi tak perlu bereaksi terhadapnya. Cara lebih mudah memang kita bisa bisa mengatur jadwal/ waktu yang tepat agar suara-suara tersebut agak terkurangi.
  5. Bayangan dan sensasi aneh: dalam bermeditasi adalah pengalaman yang biasa jika kita melihat bayangan aneh muncul dam pikiran, atau sensasi tubuh terangkat ke atas atau mengambang. Hal ini adalah reaksi normal pikiran sedang menyesuaikan diri dengan aktivitas baru. Jangan melekat pada situasi ini atau ingin menglanginya lagi. Teruskan saja aktivitas meditasi.
  6. Ingin hasil yang instan: kita telah berlatih meditasi berbulan-bulan tetapi mungkin merasa tak banyak kemajuan. Bersabar dan jangan khawatir. Perubahan positif tidak terjadi secara mendadak, tetapi sangat perlahan-lahan.

Iklan

Silakan tulis komentar

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s