Polyglot (1)

Saya orang yang sangat mendukung jika generasi muda Indonesia adalah seorang plolyglot atau seorang yang memiliki kemampuan multibahasa. Setidaknya mereka harus menguasi tiga bahasa dengan baik: bahasa etnisnya, bahasa Indoensia dan satu bahasa asing.

Bahasa etnis merupakan dasar kearifan lokal dan pembentukan karakter adat kesantunan. Bahasa Indonesia merupakan kondisi nyata tak terbantahkan bahwa mereka lahir dan hidup di Indonesia dengan segala konsekuensi dan tanggung jawab yang harus dijalaninya. Bahasa asing akan membukakan wawasan mereka pada ilmu pengetahuan dan pergaulan internasional.

Bahwa kemudian muncul RSBI dan SBI yang menggunakan bahasa Inggris sebagai pengantar,  menurut hemat saya, hendaknya tujuannya tetap pada pencerdasan anak bangsa disertai dengan pembentukan karakter bangsa yang mulia dan bermartabat (jangan disempitkan menjadi “berdasar agama”. Biarlah agama menjadi ranah dan tanggung jawab privat bagi setiap orang). Kita jangan menyerah pada kepentingan dagang dan oportunisme semata.

Di mata saya,  secara praksis kualitas atau kompetensi lulusan tidak boleh dikalahkan oleh mengejar kemampuan penguasaan bahasa Inggris.  Saya setuju peraturan menteri no 78 tahun 2009 yang mengatakan bahwa pengajaran bahasa Indonesia, sejarah, agama dan kewarganegaraan tetap harus dalam bahasa Indonesia. Mata pelajaran ini merupakan salah satu dasar pembentukan karakter bangsa.

Meski menurut saya (hanya timbangan orang awam dan tidak mengerti dasar pembuatan legislasi) dasar pendirian RSBI dan SBI pun permen ini sangat lemah dan bisa diperdebatkan dari beberapa sisi, saya muat permen ini, silahkan klik di sini.

Atau jika khawatir  permalink ini menghilang suatu saat, saya upload saja peraturan menteri tersebut :

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI tentang Penyelenggaraan Sekolah Bertaraf Internasional

Silakan tulis komentar

