Tags

, , , ,

Prolog:

Ini adalah modul surat-menyurat formal/resmi berbahasa Indonesia yang kami susun untuk memberi pegangan pada mata kuliah Korespondensi Bahasa Indonesia pada Lembaga Pengembangan Bisnis dan Manajemen Teknokrat, Jurusan Sekretaris dan D III STBA Teknokrat yang pada semester akhir mengambil  keterampilan Kesekretarisan. Isinya meliputi antara lain dasar-dasar penulisan surat, jenis surat (bisnis, sosial) dan kerangka laporan / prpososal. Modul ini masih sangat dasar sekali, tapi saya mencoba memadukan sebuah petunjuk kerja yang praktikal tetapi juga taat asas. Selain sebagai modul mata kuliah tersebut file ini juga digunakan sebagai petunjuk praktis surat-menyurat pada organisasi sosial atau non-profit. Mungkin perlu direvisi, tapi sementara ini saya belum cukup waktu untuk mengerjakannya (saya kan pengacara – perempuan dengan banyak acara…alibi untuk kemalasan neeh !!!).

BAB I

DASAR SURAT MENYURAT

  1. 1. Arti dan Fungsi Surat

Surat adalah suatu sarana untuk menyampaikan informasi secara tertulis dari pihak yang satu kepada pihak lain. Informasi dalam surat dapat berupa pemberitahuan, pernyataan, permintaan, laporan, pemikiran, sanggahan, dan sebagainya.

Agar komunikasi melalui surat dinilai efektif, maka isi atau maksud surat harus terang dan jelas, serta tidak menimbulkan salah arti pada pihak penerima.

2. Tujuan Menulis Surat

Tujuan menulis surat secara garis besar diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu:

  1. Menyampaikan informasi kepada pembaca surat;
  2. Mendapatkan tanggapan dari pembaca surat tentang isi surat;
  3. Ingin mendapatkan tanggapan dan menyampaikan informasi kepada pembaca surat.

  1. 3. Korespondensi dan Koresponden

Korespondensi searti dengan surat-menyurat. Korespondensi adalah suatu  kegiatan atau hubungan yang dilakukan secara terus-menerus antara dua pihak yang dilakukan dengan saling berkiriman surat.

Korespondensi dalam suatu kantor, instansi, atau organisasi dibagi menjadi dua, yakni:

  1. Korespondensi eksteren, yaitu hubungan surat-menyurat yang dilakukan oleh kantor atau bagian-bagiannya dengan pihak luar.
  2. Korespondensi Interen, yaitu hubungan surat-menyurat yang dilakukan oleh         orang-orang dalam suatu kantor, termasuk hubungan antara kantor pusat dengan kantor cabang.

Koresponden adalah orang yang berhak atau mempunyai wewenang menandatangani surat, baik atas nama perorangan maupun kantor atau organisasi.

4. Fungsi Surat

Fungsi surat dalam suatu organisasi antara lain:

  1. Surat sebagai media komunikasi.
  2. Surat sebagai barometer.
  3. Surat sebagai duta penulis.
  4. Surat sebagai bukti tertulis.
  5. Surat sebagai salah satu otak kegiatan suatu kantor

Download seluruh file Korespondensi Bahasa Indonesia PDF

About these ads