Media Pembelajaran, Perencanaan Pembelajaran dan Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran PAKEM

Oleh: Agustinus Heri Nugroho

  1. A. Apa itu PAKEM?

PAKEM adalah singkatan dari Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan. Aktif dimaksudkan bahwa dalam proses pembelajaran guru harus menciptakan suasana sedemikian rupa sehingga siswa aktif bertanya, mempertanyakan, dan mengemukakan gagasan. Belajar memang merupakan suatu proses aktif dari si pembelajar dalam membangun pengetahuannya, bukan proses pasif yang hanya menerima kucuran ceramah guru tentang pengetahuan. Sehingga, jika pembelajaran tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk berperan aktif, maka pembelajaran tersebut bertentangan dengan hakikat belajar. Peran aktif dari siswa sangat penting dalam rangka pembentukan generasi yang kreatif, yang mampu menghasilkan sesuatu untuk kepentingan dirinya dan orang lain. Kreatif juga dimaksudkan agar guru menciptakan kegiatan belajar yang beragam sehingga memenuhi berbagai tingkat kemampuan siswa. Menyenangkan adalah suasana belajar-mengajar yang menyenangkan sehingga siswa memusatkan perhatiannya secara penuh pada belajar sehingga waktu curah perhatiannya tinggi. Menurut hasil penelitian, tingginya waktu curah perhatian terbukti meningkatkan hasil belajar. Keadaan aktif dan menyenangkan tidaklah cukup jika proses pembelajaran tidak efektif, yaitu tidak menghasilkan apa yang harus dikuasai siswa setelah proses pembelajaran berlangsung, sebab pembelajaran memiliki sejumlah tujuan pembelajaran yang harus dicapai. Jika pembelajaran hanya aktif dan menyenangkan tetapi tidak efektif, maka pembelajaran tersebut tak ubahnya seperti bermain biasa.

Secara garis besar, gambaran PAKEM adalah sebagai berikut: Siswa terlibat dalam berbagai kegiatan yang mengembangkan pemahaman dan kemampuan mereka dengan penekanan pada belajar melalui berbuat.

  1. Guru menggunakan berbagai alat bantu dan cara membangkitkan semangat, termasuk menggunakan lingkungan sebagai sumber belajar untuk menjadikan pembelajaran menarik, menyenangkan, dan cocok bagi siswa.
  2. Guru mengatur kelas dengan memajang buku-buku dan bahan belajar yang lebih menarik dan menyediakan ‘pojok baca’

Guru menerapkan cara mengajar yang lebih kooperatif dan interaktif, termasuk cara belajar kelompok

Lihat seluruh file ini dalam PDF………

Download Pembelajaran PAKEM (Bp. Heri Nugroho)

About these ads

About Veronika Gunartati

http://veronikacloset.wordpress.com/about-me/

Posted on 23 April 2010, in SMP - PAKEM and tagged . Bookmark the permalink. 11 Comments.

  1. WAKIL RAKYAT

    Kau rampas segenap jiwaku
    Kau kubur aku dalam bahagiamu
    Kau kikis aku dengan kelicikanmu
    Kau buang Daku bagai sampah dari sumpahmu

    Like

  2. Pencarian Arti Hidup
    Perjalanan hidup masih panjang. Baru seumur jagung aku pijakan kaki ini didunia yang fana ini. Ku hiasi hidup dengan kebahagiaan. Hari ini tepat tanggal 19-Maret-2010, aku masih sendiri berdiam diri dikamar sempit tempatku melepas lelah setelah aktifitas yang cukup melelahkan. Saat ini aku masih tercatat sebagai mahasiswi disalah satu perguruan tinggi swasta di Bandar Lampung. Aktifitas ku sehari-hari masih sama halnya dengan mahasiswa biasanya.

    Like

  3. Tak Kutemukan Dia Lagi

    Kemarin hingga ke ujung jalan aku mengikutinya. Dia berhenti disana, diam terpaku beberapa saat seperti ada yang dicarinya. Begitu terus setiap hari aku mengikutinya, sampai diri ini tidak dapat lagi menahan rasa ingin bertanya, sepatah atau dua kata. Perlahan kudekati Dia. Dengan jantung derdebar, kuberanikan diri untuk bertanya…
    “Siang Bu, maaf kalau Saya menggangu. Ibu sedang apa disini?” ucapku
    “…………..????????” (Diam,sunyi, tak ada jawaban)
    Pikiranku melayang “ Ah mungkin suaraku terlalu pelan, hingga tak terdengar olehnya”
    “Maaf Bu kalau Saya boleh tahu sedang apa ya disini?” ujarku mengulang pertanyaanku tadi dengan suara yang sedikit ku perbesar.

    Like

  4. Makasih ms. usudah mau bantu yena…

    Like

  5. asri anisa qisthi

    bannyak sekali metode, model, dan pendekatan pembelajaran….. lalu apakah dg semua itu pendidikan di indonesia lbh baiiiiiik?????????? hemh… smp aq bosen sm mata kuliah ini,, dari semester 3 smp 6 nanti selalu di bahas,….. huhuhu tp thakz isi blog nya bagus.. cukup untuk referensi tugas saya.

    Like

  6. ya mbak, saya juga bosan dgn pepatah lama “ganti menteri ganti kebijakan,” tapi tidak ada perubahan ke arah kemajuan. Saya termimpi-mimpi untuk terlibat dalam model pendidikan yang “memerdekakan dan mencerdaskan” tidak sarat beban dan sering hilang fokus seperti ini. Saya pernah lihat di sebuah sekolah dasar di Ecully, desa kecil di Perancis Tenggara tempat saya pernah tinggal sementara waktu. Lain kali saya tulis di blog.

    Like

Silakan tulis komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 514 other followers

%d bloggers like this: